Orang Buton Punya

Komentar Para Pembaca Akan Sangat Membantu Dalam Memperkaya Khasanah Blog Ini

Asal Mula Orang Buton

Posted by orangbuton pada 22 Juli 2008

Kebesaran suatu kaum dapat di ukur dari kontribusi yang di sumbangkan oleh kaum tersebut terhadap peradaban. Apa yang telah disumbangkan oleh Orang Buton sebagai suatu kaum terhadap peradaban?

Kebudayan Buton adalah kebudayaan yang tertua dan terkaya di Jazirah Tenggata Pulau Sulawesi. Kekayaan dan keontentikan kebudayaan ini masih dapat di lihat dari banyaknya peninggalan budaya dari masa lampau yang masih utuh dan tetap terpelihara baik dalam bentuk bangunan, adat istiadat dalam perilaku masyarakat maupun dalam bentuk karya seni.

Sebagai suatu masyarakat Buton mulai tercatat dalam dalam literatur sejak abad-13. Dalam buku Negarakertagama tulisan Mpu Prapanca tahun 1365 terungkap nama Butun-Banggawi sebagai suatu tempat yang termasuk dalam kekuasaan Kerajaan Majapahit. Pada masa itu kiranya di kawasan ini telah berdiri suatu masyarakat kerajaan dengan susunan sosial politik yang relatif teratur. Selain nama Buton tidak terlepas pula nama Wolio untuk menyebut masyarakat kerajaan ini.

Dalam Hikayat Sipanjonga disebutkan bahwa pendiri Kerajaan Buton adalah Mia Patamiana yang secara harfiah dapat diartikan sebagai “orang yang empat”. keampat orang ini yang terdiri dari Sipanjonga, Simalui, Sitamanajo dan Sijawangkati berasal dari Johor Semenanjung Malaya. Mereka mendarat di daratan Buton dalam dua rombongan. rombongan Sipanjongan dan Simalui mendarat di Kalampa sedangkan rombongan Sitamanajo dan Sijawangkati mendarat di Walalogusi. mereka kemudian membangun pemukiman di tepi pantai tempat mereka mendarat. Selanjutnya mereka kemudian bergabung membangun pemukiman baru. Dalam membangun pemukiman baru tersebut mereka membuka hutan dan menebangi kayu yang dalam bahasa setempat di sebut Welia. Dari kata Welia inilah konon muncul nama Wolio.

Dalam kisah lain disebutkan adanya kelompok masyarakat yang hidup di daerah pedalaman Pulau Buton. Mereka dipimpin oleh Dungkucangia yang dikisahkan sebagai seorang Komandan tentara Kubilai Khan yang diperintahkan untuk menghancurkan Raja Kertanegara dari Kerajaan Singosasi. Dalam sejarah tercatat bahwa misi yang dijalankan oleh pasukan tentara Kubilai Khan tersebut kemudian digagalkan, dihancurkan dan cerai beraikan oleh Raden Wijaya yang selanjutnya mendirikan Kerajaan Majapahit. Dungkucangia ini dikisahkan sebagai bagian dari Tentara Kubilai Khan yang tercerai berai tadi yang tidak kembali lagi kenegerinya yang kemudian mendarat di Pulau Buton dan memimpin Kerajaan Tobe-Tobe. Oleh karena suatu perbedaaan kepentingan Sijawangkati dan Dungkucangia terlibat dan perselisihan yang harus diselesaikan melalui adu kesaktian dalam suatu pertarungan. tidak ada yang menang dan kalah dalam pertarungan tersebut sehingga mereka kemudian bersepakat untuk membangun kehidupan dalam suatu ikatan persaudaraan. Sebagai wujud ikatan persaudaraan tersebut Dungkucangia kemudian memasukkan Kerajaan Tobe-Tobe yang dipimpinnya dalam wilayah Kerajaan Buton.

Adapun kisah terjadinya Buton dalam versi Islam adalah ketika seorang musafir arab di perintahkan oleh Rasulullah SAW untuk berlayar ke timur menuju ke sebuah pulau yang sudah lama merindukan kedatangan Islam. Setibanya di Bulau tersebut, Musafir menaruh jubahnya di suatu tempat sehingga jubah tersebut menjadi perhatian penduduk setempat. mereke ingin mengetahui siapa pemilik jubah tersebut. Sementara itu bertengger 7 ekor burung di pohon dekat jubah, sambil menyuarakan bergantian ” butuni-butuni-butuni” maka bersujudlah orang-orang di sana begitu melihat ternyata musafir tersebut adalah seorang Waliyyullah. dari kata Waliyullah tersebutlah kemudian di sebut Wolio.

About these ads

93 Tanggapan to “Asal Mula Orang Buton”

  1. selamat datang di dunia blogger.. saya juga orang buton tinggal dikendari. silahkan kunjungi blog saya…. Salam kenal :)

  2. Marinus Yonatan Ruruk said

    Saya juga orang KERATON (Keturunan Toraja Buton)

  3. Udin sly said

    Ak orang selayar lama tinggal di buton (perantau)

  4. Laode Muhammad Hendra said

    Permisi, inkut gabung juga………
    Saya malah di POSO tapi tetap putra Bumi ‘Bolimo Karo Sumanamo Lipu’…..

  5. La Ode Sufi said

    Siapa lagi yang harus mengapresiasi tanah leluhur kalau bukan para pewarisnya sendiri……

  6. YASRI YANTO said

    sekarang orang Buton kalau di daerah sendiri tidak mengaku orang Buton, kecuali di daerah orang lain baru ngakunya orang Buton,
    makin aneh saja ………..

    tapi semoga kita orang Buton semoga tetap akan selalu bangga sebagai orang Buton kapanpun dimanapun …..

  7. thank you atas pencerahannya…

  8. Oellaode said

    gabung jg…sejarah buton tidak dalam bentuk ”bukti” spt yang orang2 cari sekarang…hanya sekedar tuk bisa eksis bahwa kita pernah jaya. Buton lebih dari itu…

  9. Mungkinkah dengan adanya otonomi daerah ini, sejarah Buton dapat dimasukan sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah-sekolah? Karena selama saya mengikuti pendidikan sejak TK s/d SMA di Buton, belum pernah ada yang mengulas tentang sejarah Buton itu sendiri.
    Sebagai orang Buton asli, saya sangat prihatin dengan anak-anak sekarang yang belum banyak mengetahui sejarah tentang kampung halamannya sendiri.

  10. harapan saya semoga wawasan budaya buton kita masih tetap tejaga,… amin……,
    jangan pernah berpaling dari RahmatNYA…
    karena dengan bantuaNYAlah negri yang kita cintai ini terus berbenah dalam sendi wawasan dan pengetahuan.

  11. ryo said

    do

  12. C e b o L said

    saya jg orang buton yang tinggal menetap di (papua), saya ingin mengetahui kenapa dan sejak kapan nenek moyang kami bisa sampai di ujungtimur Nusantara ini..

    kami banyak tau tentang peradaban sejarah dunia, tetapi kami tidak tau kenapa dan kapan nenek moyang kami ada di Papua???

    Apakah ini karena situasi politik di Buton pada saat itu atau ada hal lain yang menyebabkannya?

    Mohon pencerahannya….

    alamat email saya (archiles_sparta@yahoo.com)

  13. safrin said

    halo, toapa leleta wolio?, saya orang Buton yang lagi menempuh pendidikan di Makassar. Usul saya kalau bisa Cerita asal muasal negeri Buton dibuat lebih ilmiah agar tidak terkesan Mitos (Folklore???),

  14. tuapamo yitu bau2,,,
    yaku syi miana baadia mo kuliah na yi kandari
    ara te FB miu…u add aku e,,
    yi rano ariatno

  15. kodok laode said

    sejarah muna-buton tidak akan pernah lepas, saling berkaitan

  16. Mega Ollong said

    assalmualikum..saya bukan orng Buton tp sya ingn skli mmpljri sejrah Buton..mhon bntwx.

  17. lamini said

    assalamualaikum kepada warga tanah asal usul ku.saya seorg warganegara Malaysia yng di lahirkan d hospital besar LAhad Datu Sabah Malaysia pada 14 april 1978. saya juga anak jati suku kaum buton asli. ingin berkongsi pengalaman tentang sejarah peradaban dan sala sila permulaannya suku kaum buton. saya bangga dengan suku kaum buton. butonese generation Malaysia.

  18. Lapandewa kampungku said

    salam kenal dariku.. putra buton lapandewa.. yag jauh di rantau..

  19. ana jg asli berdarah buton yg sudah menetap di jakarta dr kecil, ingin sekali berkumpul n mempererat tali silatturahim dng saudara2 dari buton…..
    salam hangat buat buat saudara2 n sahabat2 dr buton…

  20. harudin said

    kita sebagai generasi penerus anak buton harus mempererat hubungan tali silatturahim..dimna pun berada. krena.pernah orang tua dlu menjanjikan suatu saat kita akan plang ke asal masing-masing.
    salam buat saudaku dimana pun berada..

  21. La AnTo said

    assalamu alaikum,

    saya juga orang buton lahir di buton besar dibuton, tpi skarangang menetap di ambon, saya cuma bingung yang bikin kaco disini banyak orang buton…..saya sebagai keturunan al butuni merasa malu dengan sikap generasi buton yg diambon, yang terlalu membangga2kan dirinya sebagai orang buton, tpi tanah leluhurnya sendiri tidak pernah dikunjungi. semoga saja nak buton yang merantau ke daerah2 lain sikapnya tidak seperti itu, karena hanya mempermalukan suku kita,,,,,,, orang buton sifatnya ramah, baik bukan seperti, apa kebanyakan nak generasi buton yang disini

    wassalam……… I love buton Island kabharakatina tanah wolio

  22. walaupun saya tinggal dan menetap di malaysia, saya tetap bangga menjadi warga buton. tidak dinafikan saya warganegara malaysia, namun dalam masa yang sama, saya tetap berpegang teguh bahawa saya berbangsa buton. justeru, saya telah memilih untuk membuat kajian mengenai bangsa saya sendiri yang telah berhijrah di borneo utara. saya harapkan, kajian latihan ilmiah saya ini akan menjadi tatapan generasi akan datang yang tidak mengenali bangsa buton ini.

  23. iyadi said

    walaupun saya tinggal dan menetap di malaysia…………namun saya tetap warga buton 100%.saya juga telah wat 1 kajian selidik tetang asal usal buton….

  24. aksa.jkt@mtcon.sig.co.id said

    halo ….
    yaku uka miana Wolio, umur 42 th, hidup di tanah rantau sudah lebih separuh dari umur saya di atas, namun saya bangga sebagai putra Buron.

  25. la antho noperio said

    saya juga putra Buton…..
    sekarang menetap di Natuna, Prov.Kepulauan Riau…

  26. muhammad hakim said

    senang sekali melihat kenyataan bahwa generasi muda Buton masih peduli akan tanah leluhurnya. semoga dengan kerjasama dari semua pihak yang peduli dengan sejarah dan perkembangan Buton, maka salah satu khasanah budaya nusantara ini bisa tetap lestari. menurut buku yang pernah saya baca, orang Buton merupakan salah satu suku bangsa pelaut nusantara. sudah sejak ratusan tahun lalu hingga kini, perahu-perahu layar Buton hilir mudik di nusantara ini. tidak heran jika anak keturunan mereka bertebaran pula di nusantara ini. juga Pulau Buton merupakan daerah transit pelayaran dan perdagangan masa lampau di nusantara, karena posisnya berada di tengah-tengah. sudah bisa dipastikan, setiap pelayaran ke Maluku untuk mengambil rempah-rempah, akan melewati wilayah ini. karena merupakan daerah transit, maka pasti terjadi percampuran dan pembauran antar suku bangsa dari pelbagai belahan dunia di daerah ini. menurut yang pernah saya dengar, Buton akan kembali berjaya jika para anak keturunannya sudah pada kembali ke daerah ini, dan memberikan sumbangsih berupa ilmu, pengalaman, dan sebagainya. mohon koreksinya kalau ada yang salah. trim’s.

  27. hmmmmm aq bkn orang buton tp kl pgen jd org buton blh ga .????

  28. Wah, ternyata saya nggak sendirian menjadi orang buton

  29. Tetapi saya bangga menjadi orang buton :D

  30. mengapa sejarah Buton kaya’ trsembunyi, n jauh dari brangkas sejarah nasional, yg kbanyakan muncul kpermukaan itu hanyalah sejarah Jawa,, pdahal kl kita baca sejarah jawa itu ad kaitannya dgn raja” buton namun tiap cerita itu mengarah ke wilayah buton semacam ada benang putus disana..???

  31. putra keraton said

    bangsa yg besar adlah bangsa yg menghargai sejarahx..

  32. Jalil said

    SETUJU SAMA BUTON BARAKATI,….Saya sedang mencari informasi yang benar2 tepat,..soalnya cerita yang jelas dimulai dari abad ke 13,..apakah sebelum itu adakah penduduk ataukah peradaban,..soalnya banyak sekali fakta2 sejarah yang hilang,..mohon emailnya kalau ada yang punya artikel,..
    jalil_gallantry@yahoo.co.id

  33. fandyivan said

    trimakasi saudaraku atas smua infonya soal Buton..saya Irfan asyurah dan saat ini kami di ambon, saya latar belakang Buton Lapandewa, dan baru,tahun kemaren mengujungi tanah leluhur kami, dari orang tualah kami mengenal cerita dan sejarah buton, dan sekilas tdk ada bedanya saat saya lanngsung ke tempat leluhur kami. sungguh saya sangat berterimakasih kpd sodaraku smuanya dan penulis sejarah Buton,namun sedikit saja yg saya bisa dapatkan informasi soal latar belakang lapandewa ,..sejenak saat di tanah lapandewa saya sempat ke makam leluhur saya Labukutorende yg di yakini masyarakat setempat sebagai “keramat” dalam strata adat ,bahkan kakek buyut kami La Ode Hoga yg jg punya bagian dari sejarah tapi tdk saya temukan dalam cerita sejarah Buton.

  34. Zhay_jhie said

    mau tau SCra jlas. Istana dungku cangia terletak di kmpungku LABALAWA Di ujung tmur bgian keraton.
    Dan sy trUnan tobe tobe.
    Ayo… Ke kmpungku labalawa…

  35. Zhay_jhie said

    sy klahiran maluku pulau buru.
    Tp. Sy besar d tanah butoN. Lw mau tau sjarah butoN. Ikut aku di kmpung halamanKu LABALAWA atas kratoN.
    Di stULah istana rja buToN YG pRtama. Dungku cangian. Biasa d sbt DUNG CHANG YANG. Krn beliau asal ngri cina.
    Dan sy ptra asli TOBE TOBE.

  36. SAMIDA ANAK SEBIJI ARENG ARENG said

    AKU BUTON LAPANDEWA AKU KANGEN AM KAMPUNGKU,

  37. salim said

    Mohon maaf sebelumnya…
    saya jg orang Buton, tp ada sedikit yang “mengusik” ttg sejarah awal Buton…
    menurut berbagai sumber dan termasuk tulisan diatas, versi kedatangan para sahabat/suruhan Rasulullah…

    yg mengusik saya adalah, jk memang org2 pertama yg datang ke Buton berasal dr Arab, mengapa Islam ada di Buton nanti setelah Raja Keempat?
    mengapa harus menunggu sekian lama?
    pdhal dlm sejarah Islam, para sahabat adalah org2 yg gagah berani dan tidak kenal takut dlm melakukan syiar Islam, bahkan terhadap penguasa dzalim sekalipun… para penyebar agama bahkan rela menyerahkan nyawanya demi tegaknya kalimah Allah…

    so, bgm penjelasannya dg sejarah Buton tersebut?
    mg bs mnjadi masukan yg bagus buat saya…

    Mg Buton smakin bangkit, terima kasih…
    Wassalam..

  38. La tamsir said

    Ass,sy asli orang buton dari darah dan orang tua yang terlahir di buton khususnya talaga walaupun aq besar di tanjung pinang tapi aq selalu rindu akan kampungku jangan pernah malu dan minder jadi orang buton tapi harus bangga i love butuni

  39. Ari said

    saya juga orang buton asli kombeli salam knal buat semuanya???????
    key i love you buton

  40. ipur said

    ilove you butooooooooooonnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn

  41. dannani nadya eveer said

    saya bangga sbgai sku butun ^_^

    wlwpn sya lhir dan bsar d’blikpapan

  42. umardan hatab putra lapandewa rongi said

    tingkatan ilmu dlm islam terdiri dari 4 tingkatan; 1. syariat 2. tharekat. 3. hakekat. 4.ma`rifat (RAHASIA). utk mengenal sejarah kerajaan/kesultanan buton dan bagaimana sistem pemerintahan kesultanan buton itu tidak bisa di pisahkan dari proses kejadian manusia. dan karena manusialah kesultanan buton itu di bangun. MAN ARAFA NAFSAHU FAQAD ARAFA RABBAHU (barang siapa mengenal dirinya maka pasti dia mengenal TUHANnya). inilah filosofi kesultanan buton. salam kenal semua bapak-bapakku, ibu-ibuku, saudara- saudariku di perantauan….. walaupun jauh namun ingatlah perkataan nenek moyang kita; POROMU YINDA POOGA ( bersatu tidak berpadu) POOGA YINDA KOOLOTA ( bercerai tidak berantara)…. tiada maksudku untuk menggurui hanya saling memberikan informasi diantara sesama saudara…..

  43. assalamualikum…sya asli buton…yg lahir kt malaysia.selamat berkenalan.mak n bpa mmg asal buton dtg kt malaysia tahun 60an.so if u all nak tau tentang buton bolehlah sedikit sebanyak saya nak kongsi utk semua org.anda boleh cari kat arkib berita utusan malaysia dlm bab bicara agama yg bertarikh 18july2005.tajuknya” syeikh Abd wahid al juhuri mengislamkan sultan buton”.utk semua org2 buton yg tggl di malaysia kita lah aset pntg utk mmprkenalkn buton di malaysia ni.walaupun org tak berpa kenal ttg sejarah kegemilangan buton sama ada di inonesia@malaysia.tak mcm bugis n jawa…tpi mudah2an usaha kita semua yg tak seberapa ni membuahkan hasil.so if want 2 b strong..we must b 1…like one malaysia…im proud to be buton…by mukmin asidik…

  44. umardan hatab putra lapandewa rongi said

    ralat tulisan tanggal 29 februari 2012; bukan POROMU YINDA POGAA…..namun…… POROMU YINDA SAANGU…. mohon maaf…..

  45. la miru said

    assalamu’alaikum saya orang buton lahir di kampung terpencil desa lapandewa kaindea dulu kulian di unhalu kendari sekarang PNS di Samarinda. Buton memiliki sejarah sangat luarbiasa, tapi sampai saat ini sejarah tinggal kenangan,banyak generasi buton tidak tau sejarah negerinya sendiri, penyebabnya adalah sejarah buton tidak dipublikasikan, bahkan terkesan ditutupi. gimana ni solusinya….

  46. anto said

    anto di kendari juga orang buton.banyak sejarah buton yang di plesetkan sehingga antara tokoh-sejarah tidak sepaham karena suatu kepentingan. wassalam maimo ta posaanggu …..11 mater 2012

  47. anto said

    anto di kendari juga orang buton.banyak sejarah buton yang di plesetkan sehingga antara tokoh-sejarah tidak sepaham karena suatu kepentingan. wassalam maimo ta posaanggu …..11 maret 2012

  48. Laode said

    sejarah buton sengja d tutup”i guna kaum nasrani tidak bisa melacak keturunan Nabi Muhammad SAW (ALI), jika mreka thu maka akan d pancung smw kturunan Ali untk d ambil darah na sebgai pncegah kiamat
    maka dari itu d sembunyikan, bukn na mudh untk membuktikn kpda sjrah ktrunan Ali RA
    smpai skrang kaum nasrani msih mngincar ktrunan Ali RA

  49. umardan hatab putera lapandewa rongi said

    Assalammu Alaikum Wr. Wb…. TABEA…. sejarah buton itu banyak menyimpan rahasia….. utk mengenal rahasia maka kita harus mengenal manusia….karena manusia itu adalah rahasia-Nya…. rahasia manusia adalah DIA…. dan DIA adalah RAHASIA juga….maka tanyakan sama orang tua….apa itu rahasia?? itulah sebabnya di buton itu yg paling tinggi itu adalah AGAMA (ISLAM) …. seperti yang tersurat dalam syair (kabanti): boli-bolimo karo somanamo lipu (biar hancur badan asal jangan kampung),,,,, bolimo lipu somanamo syara ( biar hancur kampung syara)….. bolimo syara somanamo agama ( biar hancur syara asal agama tidak hancur)….

  50. umardan hatab putera lapandewa rongi said

    TABEA….Ralat tulisan tanggal 31 maret 2012:… ( biar hancur kampung asal jangan syara)

  51. suriansyah said

    Salam dari Samarinda kota TEPIAN ….. Tabea Ompu, La Mande dan Wa Koina uka. Assalamua’alaikum …… Menurut kisah para tetua, Miana Butuni dari berbagai daerah; China, Jawa, Johor, Sumatra(melayu) Arab, Mandar (Bugis) dan daerah lain. Karena itu jangan heran kalau kita kemudian terpisah pisah lagi. Kalau benar, nanti akan kembali lagi ke tanah Buton. Yang terbaik kini adalah “Kita jauh tapi tak berjarak dan kalau dekat tidak bersentuhan” dan menjadi lokomotif perubahan kearah yang positif. Bukan masalah asal tapi taqwa dan apa yang bisa kita buat tuk kemajuan lingkungan sekitar. Bolimo Lipu Somanamo Agama yang sekarang krusial tuk kita terapkan mengingat rusaknya akhlaq anak bangsa. Buat Butonese di negeri Siti Nurhaliza, salam kenal semuanya. To all Butonese we need Ensiklopedia Buton. Siapa yang bisa membuat?! supaya ada pegangan. Inda’u miano cia-cia. Wassalam….

  52. suriansyah said

    Kenapa darahku berdesir tiap mengingat Buton?! What will happen to Buton Kesultanan? Siap ke arah perubahan? Moga berubah ke arah yang positif tanpa kerusakan akhlaq.

  53. Firman Maulana said

    Hidup orang buton……..!!

  54. Lenny L'Moute said

    Luar Biasa,……
    saya juga asli dari darah Buton,bapak sy suku wolio ibu saya mawasangka,tp saya dan saudara saya beserta keluarga besar dari sepupu” saya , semuanya lahir dan besar di Kalimantan,karena kakek dan nenek kami seorang niaga yang berusaha merantau dan mencoba mencari kehidupan yang lebih baik di kampung orang (Kalimantan Timur ) hingga akhirnya kami bermukim dan menetap disini.
    Semenjak itulah akhirnya keluarga besar kami dari bapak maupun ibu yang sedarah senenek,sekakek memilih hidup dan bermukim didaerah kalimantan. Meskipun demikian kami tidak pernah melupakan kampung halaman asal usul keluarga kami,karena biar bagaimanapun kami asli darah Buton.
    Meski memang selama bapak dan ibu merantau kekalimantan ,baru satu kali pulang kampung ,kebetulan waktu itu sekalian mengantarkan Kakak saya yang pertama kuliah di Makasar ,jadi kami sekalian lihat kampung halaman ibu dan bapak di Tanah Buton,
    Waktu itu usia saya masih 13 tahun ,Tanah Buton memang Luar biasa bukan hanya keeolokan alamnya ,tapi Buton memang tanah keramat yang tidak bisa diPungkiri dan saya merasakan bahkan mengalami itu,karena semenjak saya disana banyak hal-hal yang saya alami dan itu sangat luar biasa,Subhannallah,Tanah buton memang tidak boleh diremehkan. (Kalau saya ceritakan panjang ceritanya ,eiiitz tapi saya menceritakannya pada kawan” saya yang ada disini,mereka malah penasaran dan ingin sekali melihat tanah Buton ,bahkan waktu saya bercerita tentang pengalaman saya selama berada di buton ,mereka sangat serius/ dan mencermati sekali cerita saya selama di Tanah kelahiran nenek moyang saya ) hemmh itu ceritaku ..!!! apa ceritamu ???? ,he he

  55. la umara putra rongi lapandewa said

    Bismillah…. tabea…. assalammu `alaikum wr. wb….. lenny L `moute…. nenek moyang kita tlah menitipkan syairnya pd anak cucunya bahwa POROMU YINDA SA`ANGU ( bersatu tidak berpadu) POGAA YINDA KOOLOTA ( berpisah tidak berantara)… ingatanlah yang menyatukan kita dalam kebersamaan …. kerinduanlah yang membuat kita makin cinta pada tanah leluhur BUTUUNY MOLAGINA (BUTON)

  56. La Marden said

    Bissmillah…Assalamu alaikum wr wb …saya juga org Buton tepatnya d daerah Batuatas/Wacuata ..tpi sya lahir dan di besarkan di Bangka/Babel dan sekarang di Jakarta menuntut ilmu …saya Bangga menjadi org Buton …karena keunikannya dan banyak lagi yang bisa di banggakan ..di Bangka sekarang banyak org Buton yang menetap atau yang berdatangan …merantau mencari rezeky ….saya ingin lebih banyak tau lagi tentang sejarah Buton …saya terus mencari ….
    ngea ndau: La Marden
    Wassalam

  57. Muhsin bin Salim said

    Assalamualaikum…

    Saya juga asli orang Buton..Ibu asalnya dari Lombe, manakala bapa asalnya dari Wongko. Sekarang, ibubapa sudah menetap di Tawau, Sabah. Saya sudah berkeluarga dan berkerja di Johor Bahru, Johor. Walaupun tidak pernah pulang ke Tanah Buton, keinginan tetap ada. Tiba2 rasa ingin utk mengenali bangsa & asal usul saya sebagai orang buton. Minta bantuan teman2 berkongsi dengan saya sejarah orang buton…

  58. harno badakhitam said

    salam kenal dari sy harno putra buton domisili lombe sekarang dinas di bumi bungkarno blitar

  59. Sbg putra/putri Buton dimanapun brada, brbangga dgn sejarah kejayaan Kesultanan Buton dimasa lalu sangat wajar tp kt hrs ingat bhw sbg putra/putri Buton jgnlh selalu brbangga n merasa puas dgn sejarah kejayaan masa lalu krn jk kt puas dgn itu maka sm halnya kt brmimpi sepanjang hidup(dinina bobokan). Kt brharap, saat ini putra/putri Buton dmnpun berada hrs brusaha n belajar lebih giat agr sejarah kejayaan masa lalu bisa kt kembalikan dlm konteks kekinian……. Mohon sejarah buton ditulis lebih ilmiah atau jgn dicampur adukan dgn cerita yg trkesan mitos, sprti cerita sahabat nabi yg datang ke Buton. Setahu sy, para sahabat itu hidup di thn 500 masehi bukan di tahun 1400 atau 1500 masehi..

  60. ruslan said

    ass…lamu alaikum sy ruslan asal bugis bone tapi sy kawin sama org buton WASILO MAT 1,BOLEH kah sy ikut nimbrung di blog ini

  61. umar said

    asalam allaikum, saya UMAR asli darah buton. saya tinggal di SURABAYA tlg di muat sbb:

    – Cerita masuknya islam di buton
    – Crita/pembuat keraton buton
    – dan penjaga buton di pesisir pantai
    – apakah benar ada penjga buton sepotong manusia sepotong ular

  62. Abdul Wahid Muhammad said

    Assalamu Alaikum…
    Saya Abdul Wahid Muhammad… Mendengar nama BUTON tdk lepas dari sejumlah cerita mitos, Mitos ini muncul akibat Kejayaan Kerajaan Buton masa lalu… Menurut Catatan Buton adalah salah satu Kerajaan tertua di nusantara seperti yang pernah di muat dalam Kitab yg disusun oleh MPU PRAPANCA dalam Kita Negara Kartagama…. Itu masa lalu…. Tapi ada satu yang sampe saat ini menggelitik hati sy, yaitu dari banyaknya mitos yg beredar salah satunya adalah : Buton di sebut2 juga sebagai tempatnya para Habaib/Sayyid yang menutupi jati diri mereka… Apa benar info ini ? Mhn sapa yang taw bisa di share ke saya… Syukran Katsiir Wa Jazakumullah Kher……

  63. Mohd Azmi bin Jaini said

    Salam,saya berasal dari Malaysia,pada awalnya saya benci bangsa saya sendiri,
    Atas sebab saya selalu d buli pada masa sekolah dahulu,kerana saya berbangsa buton,Kerana pada masa itu ,kawan2 ckp,bangsa buton,
    Bersamaan bangsa timor,dari hari itu,masalah ini menjadi besar buat saya,
    Sedangkan saya sendiri tidak tahu asal usul sejarah bangsa saya,
    Apa Yg saya tahu!saya berbangsa buton cia cia,
    Kini hakikat ,tetap hakikat,di mana bumi ku pijak,
    D situ langit ku junjung,bila bangsa ku buton,maka aku harus bangga seadanya
    Tetapi itu masi belum cukup, buat saya,
    Saya akan pertahankan bangsa buton cia cia,kerana darah daging ku
    Mengalir di situ,biarpun bagaimana kita menghindari bangsa ini,
    Namun semakin kuat ingin kita bangkitkan bangsa buton,
    Sekarang aku sudah siap menerima bangsaku,
    Kamu pula bagaimana,kAlau kalian juga siap
    Mulakan lah kebangkitan bangsa buton,
    Ingatlah ,semua Yg membina fakta sejarah,
    Adalah kaum manusia,dan kita juga manusia,
    Tiada berbeda semuanya manusia,
    Cuma bangsa menjadi penaung,hidup buton cia cia,

  64. ramliyulian said

    bapak saya orang buton,tapi ibu orang melayu kepulawan riau, siapakah saya ?????

  65. ASSALAMUALAIKUM…
    \SAYA JUGA PUTERA KETURUNAN BUTON YANG MENETAP DI MALAYSIA…PERSOALANNYA SEKARANG SAYA MEMBESAR SEBAGAI YATIM SERTA KURANGNYA PENGETAHUAN TENTANG ASAL USUL BANGSA BUTON YANG SAYA CINTAI SEHINGGAKAN BILA ORANG BERTANYA PADA SAYA TENTANG ASAL USUL BANGSA BUTON,SAYA TIDAK DAPAT MENJAWABNYA,BOLEHKAH SAUDARA SERTA SAUDARI BANTU SAYA DALAM MENYELAMI ADAT DAN BUDAYA BANGSA KITA YANG TERCINTA INI LILLAHITAALA…..

  66. Ass’kum.
    Saya mau bertanya’ krna ada yg mengusik d hati’ stlh membaca . Benteng tobe tobe itu d mana? Agar cerita di atas jangan haya jadi cerita! Dan bukti2 harus jelas! Jgn ngaku2 saja’ sprti org labalawa tadi! Ingat di PULAU TANAH BUTON Itu ada salah satu kampung yang jaman dulu sangat di segani hingga sekarang ! Yakni adat lapandewa kaindea. Dan d sana banyak masih bukti, bukti, arkiologi. .

  67. yuslan said

    beta suku buton tapi sudah kelahiran ambon.. trus beta di bilang orang apa ?

  68. Assalammualaikum wb wr
    dengan hormat………saya mau bertanya masuknya utusan dari china pd saat kerajaan/kesultanan ke 5 ,bernama siapa ……? beliau merupakan orang dekat kerajaan ….trimakasih

  69. larusima said

    semoga aja orang” buton tidak melupakan sejarah peradapan buton…

  70. muhamad amin said

    salam kenal saudara2 buton dimanapun berada….
    sya baru menyadari ternyata orang buton tu ad kaum yang penuh misteri dan sampai saat ini sya masih perlu banyak bertanya kepada para tokoh adat,,…
    sebenarnya pa yg terjadi di buton salama ni…….

  71. Ramlie said

    saudara YUSLAN sejatinya adalah Orang Buton…. Namun dalam kedudukan dalam NKRI, sdr. Orang Ambon

    sama halnya dgn beta juga Orang Buton namun dalam NKRI beta Orang Fakfak yang leluhurnya/moyang dari Buton

  72. Idris Hasan said

    @orangbuton

    Terima kasih, sdr telah menjelaskan ttg asal usul Buton. Dari penjelasan sdr, berarti sdr sangat paham ttg daerah daerah yg ada di Buton khususnya kampung’s yg ada di sekitar Keraton/Baadiah.
    Tlg jelaskan ke sy, keberadaan masyarakat Kel. Lipu dan Katobengke di kedudukannya sekarang dengan luasnya wilayah (kadie) yang dimiliki siapa yg berikan???
    – Bila ada yg berikan, siapa yg berikan?
    – Bila nenek moyang Kel.Lipu/Katobengke beli, belinya dr siapa?
    – Bila nenek moyang Kel. Lipu/Katobengke merampok, merampoknya dr siapa?

    Mohon penjelasannya!!!
    Alasan pertanyaan: Yang kami monitor sejak tahun 90an, pemerintah kota Bau Bau seolah ingin merelokasi masyarakat Kel. Lipu/Katobengke dg alasan yg kurang jelas dan berbau politis. Mengapa berbau politis? Pemerintah ingin mengembangkan tata kota terutama di sekitar Keraton hingga pantai Lakeba, namun terhambat dg pembebasan tanah yg dimiliki oleh masyarakat Kel. Lipu/Katobengke. Hal ini dikarenakan permainan oknum dan pejabat yg korup dg mengangkat asal mula masyarakat Kel. Lipu/Katobengke, dg tujuan apabila masyarakat Kel. Lipu/Katobengke dapat direlokasi secara otomatis tanah tanah peninggalan dapat dikuasai tanpa ada pembebasan atau ganti rugi.

    Info: Lipu/Katobengke dulunya satu kelurahan (Kel. Katobengke), dg berkembangnya masyarakat dan kepadatan penduduk sehingga dibentuk 2 kelurahan yaitu Kel. Lipu dan Kel. Katobengke.

    Sekali lg sy mohon penjelasan dr @orangbuton.
    Terima kasih, ditunggu penjelasannya.

  73. Idris Hasan said

    Info tambahan:
    – Bukti oknum dan pejabat yg korup dg permasalahan tanah terkait hak milik masyarakat Kel. Lipu/Katobengke adalah pembangunan lapangan terbang Buton dan pembangunan kantor Walikota yang baru.
    – Mayoritas masyarakat yg ada di Kota Bau Bau memiliki asumsi bahwa masyarakat di Kel. Lipu/Katobengke kolot dan bodoh namun tdk menyadari bahwa anak cucu keturunan Lipu/Katobengke yg ada di perantauan punya potensi untuk membela warisan leluhurnya, namun kami lebih memilih jalan damai agar tetap terjaga persatuan diantara kita sesama org Buton.
    – Salah satu sultan Buton telah berwasiat yg hingga skrg masih tergantung di dalam keraton Buton, diantaranya yg dapat sy kutip sbb :
    + “Saling baku cari diantara kalian orang Buton, dimanapun kalian berada”
    + “Saling baku sayang dan baku lihat diantara kalian orang Buton”
    + dll….
    Hal tersebut yg mendasari kami memilih jalan damai agar tdk membuat susah saudara dr Buton yg lain.

    Wassalam…

  74. HARMAN AL IDRUS said

    sebaiknya, tulisan tentang sejarah buton dihentikn saja, karena di buat berdasarkan versi sub etnis tertentu saja…. orang wolio bilang kesultanan punya wolio…. begitu juga yang lain….

  75. HARMAN AL IDRUS said

    selama berkas sejarah buton yg diserahkan oleh raja wolio kepada belanda belum ada sebaiknya orang buton jgn berharap bisa mendapatkan kebenaran sejarah….

  76. raihan saputra said

    astagfirllah….tolong para penulis jangan asalan mengangkat sejarah wolio….,yang benar aj, nih trlalu berlebihan dan ga masuk akal,dosa tau!…makax pergi ke negeri Cina di sana dah jelas sumberx…nama wolio yang berasal dari bahasa cina/mandarin,WOLIO perpaduan dari kata WO=SAYA dan LIONG=NAGA. Sangat jelas sekali karena, contohx orang buton atau makassar jika ucapkan kata “ikan” pasti ada huruf yang ditambah dan dikurangi, orang buton melafadskan ikan menjadi ika, dan orang makassar melafadskan ikan menjadi ikang…,jadi sangat jelas dan masuk akal jika orang buton menyebut kata woliong menjadi wolio….Jadi dalam sumberx ditegaskan pula bahwa yang pertama menamai pulau buton adalah para musafir dari negeri cina yang melihat seekor naga yang menghuni pulau buton itu,kalau belum jelas saya sarankan pergi ke china saja supaya bisa tau sumberx dari dinasti apa gitu…saya harap pembaca boleh menilai yang masuk akal aj,…..burung irian burung cenderawasih cukup sekian dan terima kasih.

  77. Saya bangga jadi orang BUTON, Hidup orang BUTON

  78. la miru said

    saya bangga sebagai warga buton,tetapi saya kecewa dengan pernyataan bupati buton umar samiun bahwa buton tidak mengenal lagi tanah kadie atau tanah adat yang ada adalah tanah adat atau kadie diserahkan pengelolaanya kepada pemerintah, kalau seperi ini adanya akan engundang konflik , karena dalam lingkungan masyarakat masih banyak entnis2 masyarakat buton masih mengakui dan menjaga, merawat dan melestarikan budaya dan tanah2 adat berdasarkan kadie yang diberikan oleh kesultanan.

  79. […] http://orangbuton.wordpress.com/2008/07/22/asal-mula-orang-buton/ […]

  80. La Ode Romi said

    Menguak sejarah buton sama saja membuat diri anda gila.. Sejarah buton tidak akan ada akhirnya… Sejarah buton terlalu banyak….
    Buton itu pusat Bumi jd sudah pantas memiliki banyak sejarah….
    Rahasia buton yg kita tau sekarng ini hanya secuil…

  81. La Ode Romi said

    Saya asli putra Buton menetap di sampolawa Desa wawoangi jika anda kesana anda akan melihat mesjid tertua yang menurut cerita mesjid tertua dibuton. Didepan mesjid tersebut terdapat kuburan La Galunga ayahanda dr sultan Saparigau sultan ke 7 dan disitu juga terdapat kuburan sultan Saparigau. Tolong anda telusuri.

  82. LD IMRAN said

    nama asli saya adalah;LD IMRAN cucu dari LAODE MAHAYJI yg digelar dengan YAROMONE,,,,yg sangat erat kaitanya dengan RAJA MUNA,,,untuk mngetahui lebih lanjut klik http://www.sejarah muna .com

  83. Ass, jangan risau akan Buton karena Buton itu tetap ada, kalau informasi tentang Buton masih kurang terekspos atau masih bersifat rahasia seperti sicabang bayi di dalam kandungan (rahim) / (butuni) ibunya, itu tugas kita untuk silahkan berkontribusi secara nyata sesuai dengan kapasitas kita masing-masing, tak terkecuali di manapun kita berada di NKRI ini, terlebih kita yang berada di Buton. Hal sederhana/terkecil termasuk berani mengakui asal usulnya dari Buton karena dari situlah rahasia sejati untuk mengenal lebih jauh akan hakikat terciptanya kita sebagai halifatu filardi di alam kabir ini. Let’s be proud of Buton!

  84. Assalammualaikum..saya berbangsa buton dri emak dan bapa saya..saya dilahirkn di mlsia dan kini bkerja di kuala lumpur..saya heran knpa hari ni saya tersentak utk mbuka google dan mncari asal usul bgsa buton..saya mmg x tau asal usul saya sbb saya dilahirkn dibesarkn di mlsia..apa pun saya tetap bangga dgn bangsa buton..saya anak buton asli

  85. La Ode Jaena Siadi (putra buton muna) said

    Membahas asal usul buton memang sangat menarik, banyak hal yg bersifat mitos, namun banyak juga sebenarnya realita. saya salah satu pemerhati perkembangan sejarah buton, dari persoalan nama Buton, Wolio, Ode, wa; La dll., Saya mencoba menggali dari sisi lain yg berbeda secara umum dari yang pernah dilakukan selama ini. Saya mencoba melakukan dari pendekatan Islam dari semua mazhab dan budaya, sejauh mana pengaruh antar keduanya dalam membentuk sistem yg begitu indah dan berbeda dengan bentuk pemerintahan semua kesultanan dan kerajaan di nusantara. Hasilnya sangat mencengangkan. Saya menemukan ada 26 hal yang terabaikan dalam semua penelitian selama ini ttg Buton. Dan ini mustahil kalau kebetulan krn terlalu banyak bukti yg sulit untuk disangkal.Sederhananya adalah JIka ingin memahami Buton maka wajib memahami seluruh mazhab Fiqih dan akidah dalam Islam. Yg terlepas dari penelitian selama ini adalah Mazhab syia’h Imamiah (Itsna asyariah), sehingga semua hal yg dikaitkan dg Islam selalu kontradiktif krn selama ini hanya ditinjau dari sudut Islam mazhab sunni yg dianut mayoritas muslim Indonesia. Menurut kesimpulan sementara hasil penelitian saya ternyata Buton adalah penganut mazhab syi’ah Imamiah Itsna asyariah sehingga sulit untuk disingkronkan dg pendekatan Islam dari mazhab sunni. Untuk pemerintahannya cukup pelajari sistem yg diterapkan oleh Iran hari ini (wali faqih dan hizbullah) maka kita akan terkejut krn hampir 100% sama. kemudian pelajari Irfan/tasauf dalam syi’ah Itsna asyariah maka akan terbuka apa yg disebut: Ode, La, Wa, Lebe, Kamali,Imam kampung,Imam Desa dst., Sampua, male-male,Kadiri, Ma’ta, siolimbona, Mia patamiana,wolio,sara ompulu rua kaluluno, kabori panata, kaunta ompulu rua kaluluno,Kaunta adalino, sara,kapeke,batata,murhum, ba’dia dll.,Mengenai sekilas buton, baca juga buku berjudul:Penyebaran Islam timur jauh,bab al Butuni oleh Ulama besar Iran; Syahid Murtha muthohari,terbitan Tehran yg sudah diterjemahkan. Miliki juga Kitab hadis berjudul Pesan terakhir Nabi s.a.w (Al Ghodirkhum)dan kitab2; Nahjul Balaghah, Kifayatul mayit, Ya Nabi Al mawahdah oleh Syech Al Kundusi, Hizbullah oleh Ali Qiro’ati, Kitab Kumail bin ziyad, Kitab ziaroh dan ribuan kitab lain yg berhubungan dg mazhab syiah Itsna Asyariah. Jadi kesimpulan sementara bahwa kesultanan Buton didirikan dg perencanaan matang dengan sistem Islam dari Mazhab syi’ah itsna asyariah dan dipadukan dengan budaya lokal yg dipandang tidak bertentangan dengan akidah islam. Istilah2 diatas mungkin tidak semua suku buton memiliki persamaan istilah, selain itu mungkin sudah banyak yg hilang ditengah masyarakat dan sudah tidak dikenal kecuali para tetua yg usianya diatas 80 tahun serta berilmu.Apa yang diyakini buton jaman dulu adalah sama dg yg dianut oleh lebih 236 juta muslim syi’ah diseluruh dunia. Saat ini di indonesia sekitar lebih 4 juta jiwa. mari kita bersihkan mitos dan tampilkan fakta ttg buton agar sejarahnya tidak gelap. Mohon do’a semua warga buton dan muna agar penilitian ini dapat selesai dg sempurna. Kesulitan saya adalah sebagian kitab2 buton itu harus didapatkan di Irak,Iran, Turki dan Mesir. Sukron wassalam.

  86. hardin said

    salam kenal
    saya juga asli Buton
    saat ini merantau di Ibu KOta Jakarta

    kami juga memiliki blog tersendiri untuk beberapa org perantau buton di ibu kota
    jika ingin mengenal kami lebih dekat silahkan mengunjungi blog kami

    —www.butonsangia.blogspot.com—

    terima kasih

  87. Subianto Yanto said

    Sy sepakat dengan pertanyaan pak Idris Hasan.,

  88. Armin said

    Sejarah Buton dari generasi ke generasi perlahan pasti akan hilang, sekarang saja ini sudah banyak versi belum lagi memasuki generasi-generasi berikutnya,ini karena disetiap kampung masing-masing punya cerita sendiri, pada akhirnya semua sejarah tentang buton bisa dikatakan pembodohan, yang bisa dilakukan hari ini adalah melihat bukti-bukti yang masih ada sampai sekarang ini. Contohnya masyarakat Lipu-Katobengke seharusnya berbangga, karena di tanah buton khususnya di wilayah Kota Baubau merekalah Tuan Tanah, merekalah yang mempunyai banyak tanah dimana-mana, dan alhamdulillah dilihat dari sisi adat, Lipu-Katobengkelah yang masih kental adatnya sampai hari ini, pelestarian adatnya benar-benar masih terjaga sampai hari ini, salam orang buton

  89. assalamu alaikum warahmatullahi wabarakaatu..
    sya jga putra buton…asal kec.Mawasangka, sya bangga jdi org buton…smoga persatuan dan kesatuan kita sbg warga buton selalu trjaga n kita hrus slalu mlestarikan sejarah,budaya buton dan menjaga nilai2 Ke islaman d’tnah buton,,,,

    saudara2Q Sekalian sya mhon penjelasan,
    kekuasaan kerajan/kesultanan buton sngat luas meliputi sluruh pulau buton itu sndiri dan pulau2 disekitarnya….yg jdi pertanyaan dlm hti sya apakh plau2 lain yg jdi wilayah kekuasaan buton ini jga bsa dkatakan suku buton….??? dan Sbnarnya Buton itu nma suku atau nma wilayah….??? krna bnyak gnerasi skrang yg tdk tahu mngenai hal itu,apalagi ada pernyataan saudara2 diatas yg mengatakan dari suku wolio……. jdi kmi2 ini utamanya diluar dari daratan pulau buton misalnya Generasi muda Mawasangka,WAKATOBI, Talaga, ereke, Siompu dan msi bnyak lgi yg lainnya, suku kami disesuaikan dngn nma daerah kmi msing2…??? mhon penjelasannya…..

  90. laodebasri80@yahoo.com said

    Ass….Al…Wr…Wb…..Saya juga orang buton kelahiran Ambon…..disini yang mau saya tanyakan sejarah buton ko banyak sekali ? dan dari semua sejarah tersbut ada perbedaan cerita antara satu dengan yang lainya……saya banyak bertemu orang tua yang sering menceritakan kisah buton pada masa lampau ada yang sama dan ada yang berbeda. menurut saya seharusnya jangan kita ambil kesimpulan sendiri untuk menceritakan sejarah buton, perlu adanya satu penelitian dari cerita cerita yang berkembang tentang sejarah buton, untuk kemudian
    didiskusikan untuk membuat satu kesimpulan dari cerita cerita tersebut. untuk dijadikan sejarah dan dari mana sumber sejarah tersebut untuk bisa dipertanggung jawabkan…terima kasih salam saya …..La Ode Basri bin La Ode Ibu Bin La Ode Mani Bin La Ode Thalibu Bin La Ode Potta Bin La Hamalla Bin La Ode Mancuana Bin La Ode Ngkaririi

  91. laodebasri80@yahoo.com said

    yang pasti saya bangga jadi orang buton…dimana pun saya berada, saya akan tetap memakaikan nama LA dan Wa untuk anak keturunan saya sbagai satu kembanggaan nama yang tlah di wariskan oleh leluhurku, bukan seperti kebanyakan orang yang malu memakaikan awalan LA dan Wa pada anak keturunannya, bagi saya ini adalah warisan agar kita saling mengenal antara orang buton di penjuru bumi. walaupun kita berbeda bahasa, akan melebur menjadi satu dengan nama LA dan WA yang telah diwariskan leluhur kepada kita.

  92. iwan said

    Bukanya buton asalnya dari ternate..?

  93. saya bangga jadi orang buton karena saya orang asli buton keturunan Sultan Murhum

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: