Orang Buton Punya

Komentar Para Pembaca Akan Sangat Membantu Dalam Memperkaya Khasanah Blog Ini

FOTO TEMPO DOELOE

Menampilkan gambar-gambar yang akan memperluas perspektif kita terhadap kebutonan

PELANTIKAN SULTAN

PELANTIKAN SULTAN

Kesultanan Buton adalah satu dari sedikit tradisi demokrasi tertua di dunia.  38 orang sultan yang pernah  bertahta di Kesultanan Buton dipilih dan diangkat secara demokratis bukan berdasarkan keturunan sebagaimana lazimnya pemerintahan monarchi . Setelah dipilih secara demokratis oleh lembaga siolimbona Sultan dilantik di batupopaua suatu lokasi di sekitar Mesjid Keraton Buton yang masih terpelihara hingga saat ini.

47 Tanggapan to “FOTO TEMPO DOELOE”

  1. La Ode Ali Ahmadi berkata

    37 orang Sultan di 37 kali pengangkatan Sultan….Tolong, Carikan juga Foto Patahan dari Wati i’ Gandangi/Batu Wolio, untuk bahan referensi kami…

  2. nadya berkata

    37 sultan dilantik disitu, apa ada pejabat daerah yang berani dilantik dibatu popaua, ini tantangan siapa berani pasti dia akan jujur selama menjabat, khususnya aparatur pemerintah, dari eselon II sampai eselon IV serta pejabat terasnya….siapa mau mulai sini kita lihat semoga jaya selamanya…

  3. nino berkata

    saya setuju denga apa yg telah dikatakan oleh saudari nadya,,,,, tantangan itu perlu dgunakan, karena mempunyai nilai fungsi yang sangat besar bagi masyarakat kita, berani kh mereka di lantik di batu popaua???

  4. Miayana Wolio berkata

    kalau dulu orang Tua kita di buton di berikan suatu jabatan(amanah),kadang menolak krn merasa diri belum pantas tau layak tuk memikul (sodha dlm bahasa wolio). krn konsekuensinya klu gagal mk akan menjadi aib buat dirinya, saking beratx amanah itu tuk diterima bisa menjadikan mereka sakit krn berpikir akan tanggung jawab yg begitu besar. Tetapi Prinsip Org Tua kita dahulu tidak berlaku lg di generasi skrg. Para Pemimpin kita sekarang bahkan klu tidak mendapatkan suatu jabatan tau kedudukan malah stress dan stroke….bahkan berujung kematian, sungguh tragis. Smoga Prinsip2 org tua kita dahulu bisa lahir kembali..Amiiinnnnn. kabara katina tana wolio.

  5. Orang_Kamali Beach berkata

    sy stju sama nadya.. sebaiknya pelantikan kepala daerah dan pejabatnya dilakukan di batupopaua. selain sebagai simbol eks Kesultanan Buton sekaligus juga untuk melestarikan sejarah shga adik2 n anak2 kita bisa tahu ttg sejarah pelantikan pemimpin daerah Buton di masa lalu.

  6. sophy berkata

    so aq jg setuju dengan nadya, prinsip amanah harus dinomersatukan…

  7. Awaludin berkata

    Salam Kenal,
    Punya Referesi tentang Oputa-iko

    wassalam,

  8. andi ruslianti berkata

    ktanya ketika orang memasangkan kakinya di situ dan ternyata cocok berarti termasuk keturunan sultan. Apa benar?

  9. maida berkata

    setuju sekali dengan nadya, agar para pemimpin di buton/baubau lebih bersih dalam bertugas dan lebih jujur lagi

  10. laOde berkata

    waach hebat ya…

  11. La ode Arifin berkata

    ikutlah teladan pendahulu yang selalu bekerja dengan hati ikhlas,, bkn karna materi….
    boleh juga tuch kata sdr Ndya,,, tp apakah pejabt kita di kantor daerah mau melakukanny??? Tantangan buat Bpk-Bpk yang ada di pemerintah loch??? klw memang andalah putra terbaik dan terpilih untuk memimpin masyarakat kita di bau-bau.

  12. adeth el siolimbona berkata

    hal penting dalam semua aspek kehidupan adalah kejujuran,menjunjung tinggi nilai budaya leluhur,satu hal yang membuat kita berkhianat adalah kita telah berpaling dari apa yang telah di bangun oleh para leluhur..Bravo…siolimbona!!!

  13. Muhammad Syukran berkata

    Perbedaan Politik zaman dulu dan skrg:
    Pd zaman dulu, pejabat pemerintahannya mengangkat seorg sultan dilihat dari kehidupan yg dilakoni calon sultan scra diam2, jd tdk ada penipuan karakter. sdh barang tentu yg dipilih adlh org yg benar2 rjn sholat, jujur, amanah, n prinsipil. dizaman skg terutama diindonesia, calon pemimpin kecuali ada maunya br pura2 mengambil hati rakyat umbar janji sana sini, mnggnkan manipolitik kpd rkyt, stlh terpilih (???????????????????????????????????????????????????)

  14. muhammad husein berkata

    Kalau dulu org mulai dari perbuatan sampai makanannyapun di jaga agar jgn sampai ada barang haram melekat pd dirinya, bahkan dari jaman rasullullah dikatan memikul suatu jabatan adalah perkara berat, karena tanggungan kita adalah seluruh warga yg kita pimpin, sekarang utk jadi pejabat saja harus jilat sana jilat sini, saya kira tdk pantas bagi mereka dilantik di batu popaua kecuali mereka siap dihukum sesuai sumpah yg diucapkan leluhur kita wkt pelantikan zaman dahulu…..
    bagaimana??? ada yg siap di gogoli ????

  15. olan berkata

    jangan lupa bacakan juga janji Sultan Buton saat dilantik… Tapi saya kira tidak ada pejabat yang mau membacakan janji pelantikan SUltan Buton itu, apalagi dilantik di tempat itu.

    Soalnya janji Sultan Buton saat dilantik sangat menyeramkan untuk ukuran manusia sekarang … he he he

  16. Ally Andis berkata

    sy sangat prihatin dengan kondisi org buton skrg. byk yg terkotak-kotak. perbedaannya udah jelas kelihatan antara org bau2 dgn org orang buton yg diluar bau2. org bau2 saat ini seakan mereka udah gak mau disebut org buton tapi mereka adalah orang bau2. mereka merasa lebih maju mgkn…
    orang di luaran sana mereka ga mengenal bau2. yang mereka tau adalah NEGERI BUTON, dari zaman Majapahit, pendudukan Belanda, kemudian masuk/gabung di NKRI, dan sampai hati ini…

  17. syaad al fath berkata

    perkaya budaya kita di dunia maya…tambahkan banyak foto foto tempo doeloe akan sangt berguna bgi kita semua dan generasi generasi penerus kita di tanah barakah kita BUTUNI!!!

  18. La AnTo berkata

    assalamu’alaikum

    sudara sekalian yang mau beta tanyakan ktanya buton sudah lama menganut sistim demokrasi yg tua, tpi pernah saya dengar dari guru saya bahwa katanya ada sultan yang menjabat cuma 7 hari saja, sultan itu masih anak-anak, diangkatnya dia jadi sultan karena tidak ada lagi pengganti tahta kesultanan, cuman dia sendiri aja……. dia menjabat cman 7 hari karena sifatnya yang masih anak-anak, brangkat dari ini, brarti buton mengantut sistem monarki…..? bukan demokrasi

    mohon dikomentari
    wassalam ……

  19. Rlie berkata

    Asslm…..
    @LaÅnto : hati-hati memvonis suatu hal yg belum ada bukti & petunjuknya,
    kalo benar anak kecil bisa jadi sultan berarti demokratis sekali negeri Buton. monarki tuh misalnya sultan sebelumnya menunjuk pengganti/penerus sultan. kan sudah dijelaskan bahwa pemilihan sultan itu ada sara dewan adat yg mnetapkan. jdi monarki bgmn yg saudara maksud.?

  20. Ruslan kaimuddin berkata

    slam saudara_qu dari negeri rantau

  21. muhammad hakim berkata

    @La Anto: setahu saya, jika seorang permaisuri hamil dan melahirkan dalam masa jabatan sultan, maka anaknya adalah putera mahkota, sehingga berhak dilantik menjadi sultan. namun, untuk mencegah adanya putera mahkota ini, setelah pelantikan sultan, permaisuri dan sultan dipisahkan, sehingga sulit untuk terjadi yang namanya puter mahkota. mohon koreksi dari rekan-rekan jika saya salah memahami aturan sara.

  22. La Ode Muhammad Rauda AUM berkata

    Sultan Buton harus menegakkan Islam di Buton, bukan hanya Islam sebagai agama namun islam dalam multi dimensinya. Yang perlu diingat, Sultan di Buton bukanlah simbol agama Islam semata namun lebih dari itu, ia merupakan simbol dari pemerintahan Islam yang konsisten menyerukan yang haq dan mencegah kepada yang munkar sesuai dalam ajaran Al-Qur’an dan As-Sunah.

  23. dandy berkata

    buton itu kren banget

  24. dandy berkata

    buton aku rindu kamu tempat lahirku

  25. nasrullah berkata

    apa kah ada yang bernama laode nanga dan laode mudu dan ceritakan tentang riwayat nya

  26. wa ode rusnia berkata

    untuk @la anto
    dalam memperjelas pemahaman anda tentang seorang sultan yang bisa melahirkan putra mahkota anda bisa telusuri langsung pada silsilah sultan buton dari awal hingga akhir masa kesultanan Buton anda akan melihat siapa siapa sultan yang merupakan putra dari sultan sebelumnya. adakah …
    kalaupun ada pastilah merupakan hasil seleksi
    setahu saya seorang calon sultan sebelum dipilih sudah melalui tahap seleksi yang sangat panjang oleh dewan sara bahkan sepak terjang dia selagi kanak-kanak juga turut dipertimbangkan kemudian anda juga harus membaca sejarah secara utuh untuk meluruskan pemahaman anda. anda harus pahami apa itu kamboru mboru talu palena, dan apa peranannya dalam sistim kenegaraan kesultanan buton

  27. Rustam Ayadi SPd berkata

    Jika ada Sultan yang ke 39 apakah ia siap dilantik ditempat ini…? Saya yakin ia tidak mau..!
    Saya pesan kepada Lembaga yang punya keinginan untuk mengadakan pemilihan Sultan yang ke 39, apakah itu yang diinginkan oleh masyarakat Buton…? Menurut saya itu bukan kemauan masyarakat Buton tapi masyarakat yang mencari-cari kesibukan.
    Anaumatauwa petulatulana mancuana podomo 38(Talupulu Walu Mea) Sultan motolantikna, maka 37(Talupulu Pitu) Miana, Maka Amondo Patapulu Mia Amboore Yirahasiana Karo.
    Aneumatauwa Tula-tula yindausimbiti laoti pekara-karajaa.

  28. Harry cucu Abdul Anis berkata

    Mayi rangoa manga dadi mangura, otula-tulana mancuana mangenge,siyo-siyomo asampa duka ingkita, yimalapeyaka nayile muri-murina…

  29. YC8IBD berkata

    Saya stuju kalau Gubernur terpilih dilantik di situ, karena leluhurku La Kilaponto dari Muna dilantik menjadi Sultan Juga di Situ….Saya kira turunan La Kilaponto lah yang harus di cari dan kembali kita pilih menjadi Gubernur, cuma beliaulah kesultanan Buton mencapai kemegahannya lewat syariat Islam. Belanda saja tidak berani menghadapinya……

  30. YC8IBD berkata

    Jangan kita lupa juga turunan dari Kerajaan Selayar dan Luwu, cuman merekalah yang bisa mendampingi Gubernur membangun daerah kita ini…..bila kita tarik silsilah keluarga…kita adalah saudara satu rumpun…..

  31. b.armyn. berkata

    saya inginkan keturunan kerajaan kita ajak untuk berdampingan gubernur untuk lebih besar keakraban dan sehingga sulawesi tenggara sama dengan daerah2 lain

  32. rusli raiba berkata

    saya sangat terkesan dengan blog ini. saya bisa mendapatkan informasi tentang khasanah kekayaan sejarah indonesia khususnya buton. beberapa hal yang berkaitan dengan sejarah buton sebagaimana ditampilkan di blog ini bahwa ada fakta sejarah namun diselimuti dengan begitu banyak mitos/legenda. sebagai contoh sejarah tentang asal mula buton yang menyatakan bahwa (salah satunya) kata buton berasal dari bahasa arab yang berarti perut, nama itu telah ada sejak jaman majapahit dan itu dapat dilihat di buku karangan empu prapanca. ini membingungkan karena empu pra panca hidup pada zaman majapahit hindu sebagaimana daerah buton yg juga hindu. bagaimana dapat dijelaskan orang hindu dapat memberikan nama suatu daerah atau tempat dengan bahasa (arab/islam) yang bukan bahasanya. saya ingin penulisan/penuturan sejarah seperti ini dibenahi karena saya percaya bahwa sejarah buton sangat penting dalam rangkaian sejarah indonesia. ini dibuktikan dengan tersebarnya masyarakat buton di seluruh indonesia dan beberapa di luar negeri

  33. Sufira berkata

    Wah,,,ini patut di pertahankan,qt sbgai warga buton harus perthankan budaya buton jgn sampai terabaikan.sy sangt menghargai dan mencinta tanah wolio kalembohano reaku

  34. Achmad rafi maricar berkata

    Yg jd pertanyaan saya mengapa lakilaponto bergelr khalifatul khamis yg berarti khalifah ke-5,smntr kt tau dam mengerti khalifah di muka bumi ini cm ad 4,kemudian sjrh yg saya tau bhw sultan buton berglar KAIMUDIN,anda bs telusuri glr sultan buton.dan jk anda mengetahui perkataan/wasiat sultan terakhr yg menjlskn bhw jika ad dua bersaudara diplih menjadi sultan dan yg terpilih pertm adlah sang kakak baru kemudian disusul oleh sang adik maka sang adik itlh yg akan menjadi penutup dr sultan.ini terjd antara sultan abdul hamid (kakak) dan sultan la ode muhamad falihi kaimudin (adik).kemudian pesan terakhr sblm beliau (muh.falihi) meninggal bhw beliau sdh sultan terakhr dan tdk ad lg sultan stlh speninggal beliau akn tetapi agar kesultanan buton tdk hilang maka beliau menganjurkn spy dipilh sultan buton dr gol mana saja hanya untuk sebagai simbol.

  35. ali alatas berkata

    saya ali alatas sedang mencari silsilah salah satu tokoh buton yng bernama habib muhammad alaydrus untuk menyambung sisilah suami adik ipar saya di ambon silsilah suami adik ipar saya yg dia tau hanya sampai abddullah. ini urutannya: hasan b. husain b. mukhsen. husein bin muhammad bin abdullah alaydrus. bila ada yng bisa bantu mengetahui silsilah habib muhammad alaydrus yg menjadi tokoh di buton sekitar tan 1800 sampa 1900 saya ucapkan terimakasih bila ingin mengirim ke email saya alialatasbsp@yahoo.co.id atau sms di hp saya 87887881565 cukp sampai 7 nama keatas dari abdullah atau lebih akan lebih baik trims kasih bsekali lagi.

  36. amir khan berkata

    Kamilah yang akan dilantik disitu, cepat atau lambat kami akan kembali dari t4 perantauan kami,jika KPK belum berhasil membersihkan tana wolio dari para pejabat koruptor di Buton,rakyatku kami mohon maaf melihat kehidupan di Bau-Bau yang beredar luas di media massa akan melaratnya kehidupan disana sehingga banyak rakyat kami merantau ke negeri orang, sementara kami sedang menghimpun kekuatan dari luar dan dari tana Wolio untuk mengadakan suatu aksi yang disebut revolusi tana Wolio yang bertujuan membasmi para pejabat koruptor dan kembali membangun kesejahteraan rakyat Buton. OBM=Organisasi Buton Merdeka, RRB= Republik Rakyat Buton

  37. amir khan berkata

    Ingatlah para pejabat koruptor, kamu akan mati secara menyedihkan, biasax Allah SWT akan mendzalimu dengan berbagai macam penyakit lahir bathin,seperti penyakit gula, mengapa? Karena gula sifatnya manis,tapi akan mengambil anggota tubuhmu sedikit demi sedikit alias diamputasi , berarti sama dengan engkau mengambil uang rakyat hasil jerih payah mereka dengan susah payah. Oh ya saudaraku di Buton bertanya apa arti Wolio atau tanah Wolio, sebenarnya Wolio adalah pemberian nama para pelaut dari cina.Disebutkan wolio karena mereka melihat sekumpulan ular naga yang mendiami pulau buton pada saat itu, jadi dari etimologi, wolio berasal dari bahasa cina, wo=saya dan liong=ular naga, dari situlah orang Buton jika mengucapkan kata wo-liong menjadi wolio karena lafadznya tidak lengkap. sebagai contoh jika menyebut nama ikan, dikurangi huruf “N” jadi disebut ika, lain pula orang makassar jika sebut kata ikan menjadi ikang……,

  38. kaslim doi berkata

    seandainya pelantikan para pejabat dibuton kita lakukan seperti masa pelantikan sultan bisa dipastikan KKN DIBUTON bisa diberantas dan saya yakin BUTON akan jadi negeri yang makmur dan sejahtera. cuma akan sedikit orang yang mau untuk menjadi pejabat.

  39. pedi berkata berkata

    itu ide yg sngat bagus jika para pejabat buton dlantik dtempat dimana para sulton buton dlantik, supaya generasi sekarang dan generasi yang akan dtang bisa menyaksikan dan mengetahui cara2 dan tempat dlantikx para pemimpin buton, tpi menurut saya dimanapun seorg pemimpin dlantik itu tdk ada jaminan bahwa pemimpin tersebut akan sebaik pemimpim2 sebelumx, krn dalam memimpin suatu wilayah dbutuhkan seorg pemimpin yg mengerti ttg ap arti dari pemimpim dan pimpinan.

  40. rusli berkata

    Bagi saya jangan kita berandai-andai karena pada kenyataannya: 1. di BUTON itu tidak dilakukan sampai hari ini, 2. Jangan kita terpaku pada sejarah, saya mengapresiasi dan sangat menghormati para pendahulu orang buton yang telah berhasil membuat terobosan pada zamannya dan terobosan itu terbukti memberikan kontribusi penting bagi keberlangsungan sejarah BUTON SAMPAI HARI INI, dengan kata lain para leluhur itu telah melakukan peran sesuai zamannya dengan sangat gemilang, tetapi pertanyaannya apakah orang (tua, muda, laki perempuan) telah melakukan peran yang sama sehingga memberikan kontribusi signifikan bagi kerberlangsuangan BUTON DIMASA KINI DAN MASA DEPAN. Sampai hari ini spertinya belum terlihat. Di Buton terlihat sangat paradoks antara nilai-nilai yang dipegang/diyakini dengan apa yang dilakukan, dalam bahasa agama disebut antara iman, ilmu dan amal tidak sejalan. Ilmu tinggi tapi tanpa iman itu adalah kesia-siaan, iman tinggi tapi tanpa amal itu adalah pembohongan dan kemunafikan, amal tinggi tapi tanpa iman dan ilmu itu adalah kesesatan. yang terlihat di BUTON sekarang adalah seperti itu. 3. orang buton suka bilang yinda-yindamo arata sumonamo lipu, yindamo-yindamo lipu sumanamo sara tapi pada kenyataannya orang buton sekarang lebih pentingkan diri sendiri dibandingkan kepentingan umum bukti buton daerah aspal tapi jalan-jalan yang paling jelek di indonesia, pelayanan umumnya paling jelek, penghormatan pemerintah terhadapnya rakyat/masyarakat sangat rendah cenderung melecehkan dan menghina. 4. umumnya orang buton kalau bicara agama sangat tinggi tapi pelaksanaannya sungguh memprihatinkan. Jadi ini menjadi tantangan dan tugas kesejarahan anda sebagai orang buton saat ini.

  41. Hasaruddin berkata

    mestinya blog ini banyak menampilkan foto-foto tentang Buton agar apa pembaca yang belum/tidak mengetahui kondisi sosio-kultur masyarakat dapat dijadikan rujukan dan perbandingan

  42. Hasaruddin berkata

    Perlu kiranya melakukan pengkajian ulang tentang sejarah Buton. misalnya masuknya Islam yang selama ini di kumandangkan tahun 1541 (abad ke-16) tetapi ada pula yang mengatakan sekitar tahun 1400-an (abad ke-15).

  43. pit ha bae berkata

    kakek aku nama nya la buaka datuk aku nama nya la tapade…
    cari tau dong

  44. rama dhan berkata

    Tetap jaga kebudayaan daerah kesultanan buton karna itu merupakan harta yang tidak ada harganya dan lestarikan terus, jangan biarkan lenyap begitu saja.

  45. RohitznagkTolandona berkata

    Z se7 with Nadia…

  46. salim berkata

    Saya setuju apa yg di katakan sama saudara qt nadya..bahwa pejabat yg menjalankan amanah harus dilantik di batu popaua agar pejabat tersebut dapat
    menjalankan tugas dgn rasa penuh tanggung jawab n jauh dari KKN.

  47. Ajhab berkata

    z sngt stju sm Nadia,,,, lw mmg btul” prnth ingn mmbngun negeri ini (Buton) cba mlkukan smpah dbatu popaua,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: