Orang Buton Punya

Komentar Para Pembaca Akan Sangat Membantu Dalam Memperkaya Khasanah Blog Ini

Galery Foto

Berisi Foto-Foto yang menampilkan keindahan Tanah Buton. Mudah-mudahan dapat mengobati kerinduan Anda pada tanah kelahiran.

MESJID AGUNG KERATON BUTON

PANTAI KAMALI DI MALAM HARI

LAWANA LANTO (BENTENG KERATON BUTON)

Pantai Nirwana Dari Ketinggian

Sunset di Pantai Nirwana

PANTAI KAMALI DI SORE HARI


161 Tanggapan to “Galery Foto”

  1. bagaimana kalau dimuat juga foto kamali dan foto malige ? Supaya orang Buton yang ada di luar sulawesi bisa mengenal bentuk rumah adatnya.

  2. Junaidi said

    Tolong di Muat juga Foto Topi Perang Poopoongku, supaya banyak yang bisa tahu, sekaligus saya ingin, membandingkan dengan model Topi perang yang ada di Mokole Matano.

  3. sofyan laiya said

    majulah pulau kebangganku buton….
    salam kenal

  4. Anda Djoehana Wiradikarta said

    Foto-foto ini bisa dimasukkan ke Wikipedia Commons? Soalnya, saya sudah menulis banyak artikel di Wikipedia Prancis, termasuk artikel “Buton”. Lebih bagus kalau dikasih foto!

    Salam hangat,

    Anda

  5. hariru said

    keren pak…. maju terus!!!

  6. Wuri Nugraeni said

    Saya Wuri Nugraeni, reporter rumah produksi INDTA TV jakarta, berencana meliput kesultanan Buton.
    mohon informasi nomor yang bisa saya hubungi untuk perijinan liputan ?
    terima kasih

  7. pakain adat juga kayaknya harus di ketengahkan. biar buton lebih kerasa taste nya. I love you my buton

    sala kenal

  8. mojos said

    Saya sebenarnya berketurunan buton,dari sejarah yg saya tahu dari bapa saya,moyang saya bernama La ode latiba.Dia melarikan diri terus ke kepulauan Singapura iaitu Pulau Sekijang Pelepah.Sebab dia melarikan diri apa yg diceritakan, ibunya meninggal dan jasadnya tidak boleh di kebumikan di kawasan istana itu yang menyebabkan La ode latiba lari ke Kepulauan singapura.Amat kagum dengan keindahan di Pulau Buton walaupun berada di singapura.Walaupun tidak pernah kesana darah buton yang berbangsa bangsawan.

  9. orangbuton said

    Yth saudara Mojos di Sangkapura
    Saya sebut Sangkapura karena pada sebagian masyarakat buton Singapura disebut demikian…..

    Di Buton sejak zaman Sultan Dayanu Ikhsanuddin yang menerapkan konstitusi “Martabat Tujuh” sebagai dasar negara Kesultanan Buton, struktur masyarakat yang memerintah dikesultanan buton dibagi atas dua kelompok besar yaitu :Kaomu dan Walaka.

    Kaomu dan Walaka memerintah secara bersama berdasarkan pembagian tugas yang telah diatur dalam konstitusi tersebut….

    Yang memakai nama La Ode di sebut Kaomu. Mereka terdiri dari 3 garis keturunan yang disebut “Kamborumboru talu palena” yaitu : Tanailandu,Kumbewaha dan Tapitapi….

    Melihat dari nama moyang anda La Ode Latiba anda merupakan keturunan dari kamborumboru talu pelana di atas.

    Terima kasih atas perhatian anda terhadap tanah leluhur….

  10. Syahran La Pandewa said

    Saya, keturunan buton yang bermukin di kalimantan demi kecintaan saya pada tanah lelurur, saya memakai nama La Pandewa di belakang nama saya. maju terus ……

  11. jaya said

    Mantap saya menajdi lebih bangga dengan menggunakan simbol Anak Buton yang berjuang untuk Indonesia….

  12. la oha said

    kenapa orang-orang buton di perantauan selalu bersatu dan saling membantu tetapi setelah kembali ke tanah kelahirannya dia menjadi arogan dan cenderung sombong serta melupakan tatanan nilai budaya yang diagung-agungkan sewaktu di perantauan, perlu di ingat bahwa falsafah hidup yang buat oleh leluhur orang-orang buton bukan berlaku hanya di perantauan tetapi berlaku juga di tanah kelahirannya, ini dapat menjadi renungan untuk orang-orang buton yang ada di perantauan dan yang ada di ranah buton itu sendiri. seandainya masyarakat buton dapat menyadari semua itu maka kebangkitan buton ke II akan tercapai, naepiyamo…………………….?????????????????

  13. nadya said

    la oha sudah berkomentar… mari qt sambut kebangkitan buton ke 2, ingkitamo laoha mo porikanakea…falsafah kita terkenal dimana mana, tapi saat ini mulai redup…kapan qt mulai lagi untuk bangkit. kumatauko ingko …kalau qt hanya berkomentar itu gampang coba kerjakan…mari kita bangun kampung kita jangan tinggal didaerah orang… jangan sampai hanya simbol… yaku siy yaku siy…..jangan sampai hilang falasaf kita bolimo karo somanamo lipu… berubah bolimo lipu somana karo… bolimo ingko somanamo iyaku….!!!!!!!!!

  14. fina said

    saya salut dengan blog ini..

  15. nino said

    indau miya buton dr samarinda… indau bangga mai kampou sekarang,,,, walaupun indau cia pernah inte ikampo,,, tapi indau merasa bahagia.. ap lagi dengan keadaan kampung sekarang ini,,, maju terus…..!!!!!!!!

    I Love You Buton

  16. La Ode Nurman Mbay said

    Tolong masukan gambar baju daerah buton, bagi teman-teman yang punya gambarnya, baju adat buton sangat indah sayang kalau tidak dikenal oleh orang lain…terima kasih

  17. hm…………saya sangat berharap buton nanti bisa menjadi suatu wilayah yang maju… baik dari segi budaya, industri, ekonomi…… bersatulah orang buton…………………

  18. tafa said

    buton keren bangat …………..

  19. Ahmad Marsudin said

    Saya sebagai seorang anak Buton yang lahir di tanah tumpah darahku Malaysia masih kepingin mau ke Kaledupa tempat asal usul nenek moyangku. Kepada warga bangsaku yang ada diWakatobi (Kaledupa).. saya disini amat menyanjungi jasa kalian untuk memartabatkan suku kita ….BUTON. Saya disini senantiasa mengikut perkembangan BUTON

  20. Boetonzy said

    I Love Buton Island….
    Buton Island is The Best..

  21. Boetonzy said

    Buton Island
    Jauh Di Mata Dekat Di Hati….
    Selalu Di hati selalu di Nanti…

  22. More information about Buton tourism???
    please visit http://greatbuton.blogspot.com
    ^^V

  23. manbanda said

    buton sebenarnya bukan hanya ada di wolio atau di pulau Buton tetapi masih ada kawasan lain kekuasaan kesultanan buton olehnya itu baiknya dibuatkan situs-situs sejarah buton agar kami yang dari jauh dapat tahu

  24. syahrifil said

    masukkan jg dong rumah adat malige secara lengkap dengan bagian-bagiannya…

  25. Awaludin said

    Era kebangkitan Buton sudah didepan mata!!,,,terbukti diakuinya keindahan Laut Wakatobi oleh dunia…saya Buton Tulen yang lahir di perantauan sangat bangga sekali kalau bisa dimuat Foto-foto para Sultan dan masa kepemimpinannya,kemegahan Tanah Wolio dan Kerajaannya,adat istiadat,baju adat,tata krama perkawinan dan Falsafah para sultan untuk di ketahui masyarakat Dunia bahwa Buton ada dan tidak mati ditelan jaman dan cerita.

    Wasalam,

  26. salu said

    mari bersatu membangun bau-bau buton

  27. maida said

    walau jauh tetapi hatiku tetap di BUTON

  28. ibend said

    mantap..

  29. miana bone-bone said

    bagaimana kita bs mengetahui seseorang berasal dr keturunan Tanailandu,Kumbewaha atau Tapitapi?
    mohon jawabanx alx sy sendiri sampai saat ini masih belum mengetahui garis Laode ku berasal dr mana….

  30. Ruslin said

    Menjunjung tinggi nilai-nilai Islam d kesultanan Buton Merupakan suatu hal yang wajib kita lakukan agar budaya Islam menjadi khasanah dalam kehidupan yang kita pertahankan. Apa lagi k Sultanan Buton sangat terkenal dengan nilai-nilai Islam di Masa Lampau dan sepengetahuan saya pedoman islam d tanah Buton sangat kuat. Dan semoga nilai-nilai Islam tidak pudar dan tetap kita realisasikan sehingga tidak terusik oleh budaya asing. ( “ruslin” P.Makasar Liwuto kampoku inda kumalinguakea momini kulingka Marido )Maju Terus Kotaku Bau-Bau Semerbak a Winner

  31. Ruslin said

    The Best Our Motto at Liwuto Buton Island

    1.Tapo Maa-maasiaka
    2.Poangka-angka Taka
    3.Tapo Pia-Piara
    4.Tapo Mae-Maeka
    “semoga Motto ini bisa kita jadikan sebagai landasan untuk memperkuat kekeluargaan,saling menghargai,mengasihi, memelihara dan merasa malu jika berbuat keburukan ataupun kejahatan”. Saling mengingatkan dalam kebaikan dan Takwa. ( Best Regard for Makasar Island Liwuto AT Bau-Bau City is Wonderfull….!! Please Said To The World that WE Can Be A Winner ) “LIn Adventure” From Sukanayo P. Makasar…At Mumbul,Nusa Dua BALI

  32. salam perkenalan buat anak buton dimalaysia

  33. walau pun saya berketurunan buton tapi banyak yang saya tidak tahu tentang gelaran la ode
    menurut nenda saya bahawa ayah bernama la meda,setelah merantau ditukar menjadi haron la rasid
    dan kini ayah saya telah tiada (meninggal dunia)46 thn yg lalu, dan sekarang ini saya ingin tahu
    bahawa gelaran la ode itu mempunyai hubung kait dengan kesultanan buton?

  34. ira said

    Sebenarnya agak malu untuk menyebut sy sbg orang buton, karena sejak lahir saya sdh diperantauan bahkan satupun bahasa buton tidak sy kuasai. Padahal ada banyak suku dan bahasa yg di pergunakan dalam masyarakat.ada yg ingin sy tanyakan ‘apkh ada org buton yg tdk memakai gelaran Ode dlm lingkungan kerajaaan? dan mgp kerajaan buton sampai skrg namanya tdk ‘semegah’ kerajaan2 lain di Indonesia seperti Kerajaan DIY..

  35. orangbuton said

    Yth.

    Saudaraku Suharnor Harun : Gelar La Ode sampai saat ini di gunakan oleh orang Buton dari golongan Kaomu yang terdiri dari Tanailandu, Kumbewaha dan Tapi-tapi. Ketika zaman kerajaan dan kesultanan dahulu, golongan ini berperan dalam masalah pemerintahan, pertahanan dan keagamaan sehingga dari golongan inilah kapitalao,Sapati, Imam Kesultanan dan Sultan Buton di Angkat.

    Selain golongan Kaomu adapula golongan Walaka yang sangat berperan dalam penyelenggaraan kenegaraan dan perekonomian negara. Sultan Buton dipilih oleh Siolimbona yang anggotanya terdiri atas tokoh2 dari golongan Walaka.

    Selain itu adapula golongan Papara, mereka ini adalah golongan pekerja dan prajurit yang menggerakkan dan melindungi institusi kesultanan

    Pada zaman dahulu semua golongan ini loyal dengan peran yang mereka bawakan. karena instituisi Kesultanan Buton dapat bertahan selama ratusan tahun. sampai akhirnya susut seiring berdirinya NKRI.

  36. Pertanyaan lagi untuk saudara ku, apakah pangilan/gelaran laode atau waode bagi perempuan, mempunyai pertalian darah dengan sultan
    buton dan bagimana pula dengan keturunan nya yang masih aktif mengunakan gelaran tersebut.

  37. ILman said

    Kota BUTON yang Kucintai semoga lebih berkembang dan di Kenal Oleh Dunia Luar

  38. La Maha said

    Saudara Ruslin coba pahami lebih baik bahasa WOLIO, karena anda menulis falsafah ke 4 orang BUTON (TAPO MAE MAEKA) yang beratri saling menakuti, yang benar adalah “TAPO MAE MAEAKA” yang berati saling menjaga malu (kehormatan)

  39. lelly said

    Walau aku tak lahir di sana…tapi ada darah buton mengalir dalam tubuhku.aku kan slalu merindukanmu… Love U…

  40. KAMARIAH said

    saya cucu kepada LA DIMU .Ayah saya anak kedua kepada LA DIMU yang katanya melarikan diri dari negeri buton.Ingin mencari saudara di sana . Harap hubungi saya di emal berikut.

  41. memi mirna wanti said

    kota buton semaki indah aja..semoga kota buton selalu jaya di mata dunia..
    sukses untuk kota buton..

  42. diana said

    assalamu’alaikum

    kepada admin blog ini, ijin copas foto2nya ya, buat share di FB, salam hangat buat seluruh warga buton… trimakasih sebelumnya

  43. Ode Iswadi said

    Luar Biasa…… setelah membaca di blog ini saya semakin bangga menjadi orang buton. saya tunggu kisah selanjutnya.

  44. DARMAN DAU said

    add sy d FB sweetdewi_16@yahoo.com
    supaya lebih akrab perhubungan…

  45. hary said

    keren bangat foto-fotonya,pengen kesana!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  46. majulah terus tanah kebanggaanku…!jadilah provinsi yg termaju di indonesia…!aku akan slalu mendukung walaupun nyawaku taruhannya…!

    I LOVE YOU FULL BUTON……..!

  47. subair said

    mau…….ke keraton buton,

  48. subair said

    i miss u,keraton buton tunggu kedatanganku…………ak akn datang…………………………………by makassar

  49. edhy mendolas said

    i miss you buthonk island…… by australia

  50. junardin said

    aku bangga jadiiiii oranggg butonnnn

  51. bobby ertanto ode said

    hey pak…bisa minta tolong ngk…bkin sebuah makalah mengenai adat,budaya dan suku orang buton beserta foto-foto.saya juga orang buton tapi tidak tau adat istiadat orang buton makanya sy bisa minta tolong ngk pak….

  52. Drs. Munarman said

    Buat seluruh warga Kota Bau-Bau dianjurkan agar tidak mempercayai seorang Wanita yang bernama Yuliana Medy Brata (adiknya Medy Brata) karena dia itu seorang PEMBOHONG dan PENIPU ULUNG. Dia meminta uang kepada sejumlah orang yang ingin mengambil BTN dalam jumlah yang lumayan banyak tapi sudah berjalan hampir 4 tahun, BTN yang dijanjikan belum juga dibangun karena uang tersebut sudah habis dia gunakan untuk berfoya-foya dan membeli motor untuk Suaminya. Ibu Yuliana memang PENIPU, dia tinggal di Jln.Erlangga No.178 bekerja di Puskesmas Batauga sekantor dengan Dr.Mulyanti Sulastri anak mantunya Bung Syafei Kahar.

  53. mantap buton selalu di hati

  54. aku tidak sangka-sangka kalaw buton jadi begini eeee..! aaaaaahh aku ingngat saya pung kampung eeeeeeeee biar saya di ambon tetap aku akan kembali ke buton untuk saya rasa gula kalapa yang terbuat gula merah campur kelapa uuuhhhh enak .nya…

  55. mantap bapak wali kota .. akir.nya buton jadi impian…. ku…

  56. putra lamangga said

    buton selalu di hatiku..tapi kumohon para pemimpin ditanah buton sadarlah jangan hanya mementingkan jabatan dan harta dunia pirkanlah kehidupan masyarakatnya banyak yang masih hidup di bawah garis kemiskinan,para pejabat hidup dengan penuh kemewahan tapi coba anda lihat kebawah apakah para pedagang kecil di pasar bisa mendaptkan keuntungan lebih untuk biaya makan dan sekolah anak-anaknya.saya pernah tinggal di buton selama 2 tahun.tidak ada perhatian pemerintah pada para pedagang kecil /pengusaha kecil pemerintah hanya mementingkan diri sendiri dan kelompoknya saja. lihat waktu banyaknya pengungsi korban kerusuhan ambon,bantuan-bantuan untuk korban kerusuhan banyak yang tidak sampai ketagan pengungsi tetapi bayak di nikmati oleh para aparatur daerah dan pengurus LSM.

    wassalam
    putra lamangga

  57. Sy px pcar org Asli BUTON,tiap kali melihat foto2 buton ingin skali rasax dtng lngsung ke sana melihat Tempat2 bersejarah yg ada di sana krna slama ini cm lewat foto2 sj,kpn ya……??

  58. Bagi teman teman di bau bau yg kenal dengn muiz dan pux informasi tentang dia,tolong infox ya…….!!!by ady di palu

  59. azman said

    saya anak buton yang lahir di kepri dan sangat pengen kembali ke buton. nama ayah saya usman bin abdullah .ayah saya tidak pernah pulang hingga meninggal jadi saya tak tau kalau mau kemana jika saya ke buton nanti.

  60. nurdiana kaledupa said

    aku bangga menjadi orang kaledupa.. apalgi aku berada di perantauan, aku bangga dengan kemajuan wakatobi
    klw bisa baju adat dan rumah adat serta keseniab budaya di ikut sertakn dlam galeri ini, spya orang mengenal wakatobi bukan hanya keindahan alamnya tpi juga keindahan budayanya.

  61. sheilla said

    kakek nenek saya asli buton.. tapi mereka tinggal di jakarta.

    sampai saat ini.. usia saya 23th, tapi saya belum pernah ke buton.

    rasanya ingin kesana.. :D

  62. Zhay_jhie said

    baxak org buton yg blm tw trjadixa nma _WA_ &_LA_
    Nabi MUHAMAD S.A.W.
    Mexuruh musafir dri arab. Unk mlalukan pRdagangan di Pulau BUTON yg sdh lmah mreka nti2kan unk msuk islam.
    Dan nabi MUHAMAD brkta. Ktakanlah kpd mReka.
    Asyhadu an_laa ilaa hailaulah wa_ashadu anna Muhamadarasulullah.
    Di stulah terjadixa nma La sbutan Laki2 dan wa. Sbutan prempuan Unk pngGilan org buton

  63. Arza Tia said

    kalau bisa dimasukan dengan rumah malige dan bagian-bagiannya donk..

  64. Er Supeno said

    Bau-Bau dengan Pantai Kamali-nya. Indah untuk dikenang.
    Nice pics, pak.
    Terima kasih

  65. fitriyani said

    saya keturunan buton burangasi-sampolawa, bpk H. Husein Malani, MM, cucu dari kakek la malani…..saya bangga menjadi keturunan buton yg tdk berketurunan bangsawan ( la ode / wa ode )………karena masih byk di tanah kelahiran bapakku yg menganggap pentingnya gelar wa ode…….saudaraku……bapakku ada byk saudara di burangasi & pasar wajo……..mdh2xan kita bertemu di sampolawa dimana kakek & nenekku dikubur, saudara sepupuku yg kukenal cucu dari paman lawele, ibu alm pamanku wa sita kakak dari kakekku la malani, yg dikubur di kendari, semoga arwah keluarga besarku di buton diterima ALLAH SWT, diterima amal ibadahnya, diterima iman islamnya……..
    amiennnnnn……..
    salam hangat utk keluarga di burangasi, pasar wajo & sampolawa…….
    see yaaaa…….; )

  66. tolong dimuat lg penjelasannya tentang suku asli buton itu dr mana. . Dan apa pendapat dunia tentang suku orang buton pada masa kini dan masa skrang..

  67. Roa la dang'nga said

    Salam kenal buat orang” buton…

  68. nama saya memang orang jawa tapi darahnya 100% miana wolio, mbomini kugangi ko, yincaku saumurua yi tana wolio, orang buton berkata dari manado

  69. RIAN STILL said

    Wahai Kita Orang Buton tanamkan cinta Kita pada Buton jgn saling merendahkan dan jgn saling meremehkan. Salam

  70. JALMIN said

    Anak lipogena bergema dri rantauwan agr selalu memelihara cagar alam pulau BUTUNI untuk masa depan anak cucu kita
    saya berharap ini dapat d,terapkan dlam kehidupan sehari-hri guna menjadi kelangsungan terciptanya keindahan alam Pulau BUTUNI
    by
    JALMIN AL BUTUUNI

    http://profile.ak.fbcdn.net/hprofile-ak-snc4/273891_100003239871775_1134058311_n.jpg

  71. cepat kaya butuuni

  72. http://orangbuton.files.wordpress.com/2008/07/dsc_85962.jpg?w=300&h=199

  73. Rustam Ayadi SPd said

    Jangan hanya Yang Indah-Indah yang ditampilkan…!

  74. kasmawaty said

    mohon dilampirkan gambar-gambar adtnya juga, soalnya z belum perna liat

  75. assalamualaikum kpd semua org buton kat seluruh dunia…..bak kata pepatah”tak lekang dek hujan tak lapok dek panas”.saya org berketurunan asli buton.mak n ayah saya masih mnggunakan la n wa didepan nama merka.walupun saya lahir kat malaysia namun sejarah ketamadunan kerajaan buton saya kenal sedikit sebanyak.klu nak lihat istana malige,gambar2 sultan,dan pakaian adat lawat je kat fb saya insyaAllah anda akn lihat walaupun tak berapa banyak..im proud to be buton even im malaysian citizen…terima kasih buat penulis….klu lah buton ni kat malaysia dah lama dia ada kerajaan negeri yg dperintah oleh sultan mcm kat malaysia ni.

  76. Sufira said

    Sy lihat foto2 buton hatiq semakin terpanggl utk kembali ke tanh wolio yg sangt ku cintai,trmksh

  77. ya betul tu,mudah2an 1 masa nnti sya dapat jugak ke buton.

  78. saya jgk org buton,orang tua saya berasal dari buton.saya hanya dengar cerita2 mengenai org buton melalui lisan kedua org tua ku.maklumlah tggl n lahir di malaysia tak sama dgn tggl kat buton….tpi saya berterima kasih kpd empunya blog ni.saya cadangkan agar selain gambar2 klu boleh turut dimuatkan jgk video2nya.(mukmin asidik)

  79. Achmad rafi maricar said

    Banggalah sesuatu yg terbatas,sesuatu dimata Allah tdk memandang suku,agama maupun ras.yg tertinggi hanyalah keimanan dan ketaqwaan.apkh kita bs mrefleksikan smua it dlm dr kt masing2??? Wlpn saya berdarah arab,tp it smua bkn kebanggaan.ibu org buton n tnh klhrnq dibuton.hanya syariat islam yg utuh yg q pegang.tanpa membanggkn appn.hanyalah berucap subhanallah trhdp ap yg tlh diberikan oleh ”Allah ats anugrahx trhdp tanah buton

  80. tigaputri said

    Buton memang banyak meyimpan sejarah dan keindahan alam… tapiii benarkah budaya yang sekarang dibangga-banggakan adalah warisan asli leluhur di tanah Islam Buton? saya agak khawatir…tidakkah budaya Islam asli di tanah buton tergerus oleh perkembangan zaman yang notabene banyak berkiblat dari dunia barat? Saya ingat cerita-cerita orangtua dulu(kalau nggak salah) bahwa wanita buton di zaman dahulu sangat terjaga…turun dari rumah dengan posalibumbu (memakai hijab), sebelum resmi sebagai suami istri, seorang lelaki hanya boleh berbicara dengan calon istrinya dari bawah kolong rumah??? apa benar cerita ini? kalau benar …waah sungguh sangat disayangkan kalau budaya yang sangat menyesuaikan dengan syariat Islam ini hilang begitu saja… sekarang, wanita-wanita abg nya sudah sangat bebas bukankah begitu? adanya tempat2 wisata baru, semakin menyemarakkan praktek pergaulan bebas (pacaran muda mudi)… semoga buton semakin maju… bukan dari segi infrastruktur belaka, tapi juga beriringan dengan pembinaan mental dan spiritual kaum mudanya… #buton selalu kurindu, tempat kelahiranku…

  81. Langkane said

    Buton memang luar biasa pantai kamali luar biasa indah situs sejarahnya, benteng yang konon terbesar didunia!
    Buton belahan hati

  82. umardan hatab putra lapandewa rongi said

    TABEA….. utk menghidupkan kejayaan buton masa lalu kt harus mulai dari diri sendiri…. keluarga…. dan seterusx

  83. deddy said

    Butonku sayang butonku malang,..” wai saudaraku kebesaran sejarah harus dlestarikan tpi jgn terlena dgn kbesar itu,.lihatlh brapa banyak orang buton yang mampu brkompetisi diprovinsi at dijakarta ?

  84. yusrin said

    Assalamualaikum gan……….saya sudah menambah kan foto-foto agan di blog saya………..sebagai identitas bahwa saya jjuga orang buton…
    silahkan dilihat di anak-boetown.blogspot.com
    terima kasih ya gan…… salam kenal

  85. Nawir Arifin said

    Meskipun saya bukan keturunan Sultan Buton, saya sangat bangga jadi orang Buton (WOLIO MOLAGINA). Salam buat miana Butuni di luar daerah.. Maimo ta posaangu ta bhangu liputa.

  86. Nawir Arifin said

    Maimo mbuli miana Butuni momini sabantara ta posaangu ta bhangu liputa molagina… Naepiana uka ta poromu-romu i liputa siy…

  87. Zaki said

    Keindahan timur Pulau Buton pun jangan dilupa…. Teluk Pasar Wajo, desa nelayan Dongkala, Tolando dan Wabula Wasuemba……

  88. aku asli sulawesi tengara (kendari), aku hanya punya kekasih asli orang buton dan tinggal di bau-bau, aku kagum dengan bau-bau, banyak hal yang bisa di pandang dan di nikmati di daerah buton, aku kagum dengan berbagai peninggalan semasa kerajaan buton berjaya, seperti keraton dan lain sebagainya,,, pokoknya daerah buton sangat mengagumkan buat saya

  89. suriansyah said

    Suriansyah says,”Kepada semua golongan yang ada di Tanah Buton: Kaomu, Walaka, and the others, kita perlu mengembalikan sejarah kesultanan ke awal dan sistim pemerintahannya harus menatasnamakan rakyat dan bukan golongan yang hanya akan melahirkan ashobiyah, membanggakan golongan sendiri. Inna akromakum ‘indallahi atokum (al-hujurat:13). Moga bisa sukses dengan bolimo karo somanamo lipu. Tapi saya masih melihat bolimo lipu somanamo karo and bolimo ingko somanamo iyaku. But, hopefully kata waompu di pasar wajo keadaan kan lebih baik di masa datang and lbih adil

  90. suriansyah said

    stii suriansyah says,” tuturan kakek dan nenek saya, perlu diklarifikasi kebenarannya, gelar ode perlu kajianlebih dalam. Apa yang membuat mereka pantas di sebut ode. Apakah untuk panggilan bagi seoang bapak? orang yang kita hormati? atau untuk gelar kebangsawanan? disebuah literatur saya baca bahwa tak ada putra mahkota di kesultanan buton. why? I need more tafsir. thanks wa syukron katsir.

  91. lasuju said

    hallo miano buton/butu i seluru indonesia saya hanya berkomentar tentang negeri kita di buton yang kaya dengan aspal tetapi jalannya yang tidak beraspal bagaimana komentar pejabat disana…?

  92. coin sultra said

    peninggalan sejarah budaya buton sangat banyak sekali, bahkan akhir-akhir ini ada satu yang dipertentangkan mengenai silat balaba yang konon asalnya dari makassar, tetapi ada sebahagian masyarakat buton mengatakan berasal dari daerahnya…..

  93. Sangat indah. Memang benar yg maha kuasa meyiapkn pulau ini untuk suku buton. Pulau yg indah d segala bidang. Aman. G ada gunung api yg aktif. Wkwk

  94. Murna said

    Pertama2 sykur yg tak terhngga krna bau2 bgtu indah,sy asli kaledupa menetap di kota semerbak,tp sy tulis artikel ni dari sudut di kota singapur.wassalam alakm.majulah kota bau2.

  95. kpd para pejabat d bau bau untuk lbh memajukan lg kota bau agar tdk kalah dgn kota kota lain d indonesia

  96. FAJAR INDRA H said

    Aku memang bukan kturunan buton, tapi aku dan keluargaku tinggal d buton tepatx d lasalimu.
    q jga lahir dan besar d lasalimu, setiap q jauh dari buton rasax q rindu bgt plang k buton, q kngen dgn keidahan buton. salam untuk teman2 q alumni sma 2 baubau 2011. salam dri negri sebrang TEGAL JATENG

  97. yusuf said

    Saya ingin pulang,

  98. Rasyid Ridho said

    Bismillah saya orang Buton, namun bila boleh bertanya :

    adakah yang dapat memberitahukan kepada saya perihal sejarah dari Waiseng yang konon katanya adalah pendekar pelindung sultan buton ?

    terima kasih.

  99. Putra Jompy said

    KALAU GAMBARAN SEJARAH KHUSUS BENTNG RONGI ADA GA ?

  100. yusuf said

    maaf saya generasi baru, belum sempat mempelajari sejarah…. karna harus merantau untuk mencari uang

  101. Taryono Tomia said

    Saya putra Buton di Tasikmalaya,sangat bangga punya daerah ini dan banyak produk yg saya jual ke Sumatera baik itu sandal,kaos,gantungan kunci,topi,dll dgn gambar panorama Buton

  102. Adi Lesmana said

    Saya keturunan buton, keluarga besar di Belitung (BABEL), sampai saat ini silaturahmi putus tidak tau keluarga di buton. Dimohon kepada Saudara2 jika ada informasi ada orang buton yg punya keluarga disumatera (BELITUNG) dapat menghubungi saya dan berharap silaturahmi terjalin kembali. Jika ada informasi harap hubungi saya di no. 085395551838 (ADI LESMANA)

  103. pedi berkata said

    perkambangan kotax sngat maju, tpi apa kh seiring dengan perkembangan pimpinanx yg mempunyai pengetahuan ttg ap arti pemimpim dan pimpinan yg sebenarx..?????????????????????????????????????, itu yg perlu djwab………

  104. La Ode Sahabar said

    kanda,,saya mau bertanya apa benar negeri buton kelak akan menjadi negeri yang bercahaya?

  105. ANDRI said

    TOLONG INFONYA YANG JELAS BANGET YA,,,KARNA SELAMA INI KITA MENDENGAR DARI ORANG TUA SAJA…..

  106. ANDRI said

    SALAM KENAL YA,,,,TEMEN-TEMAN DI SELURUH INDONESIA
    SAYA TINGGAL DI SAMARINDA,,,SAYA ORANG BUTON LAPANDEWA KAINDEA,,,,,ORANG TUA SAYA SUDAH MERANTAU DARI TAHUN 70 AN,,,,SEBAB MERANTAU KARNA DI DESA KAMI SANGAT SULIT SEKALI DALAM MENCARI PEKERJAAN,,,,,TETAPI KAMI TIDAK LUPA DENGAN TANAH KELAHIRAN AYAH TERCINTA,,,,,,,SETIAP SETAHUN SEKALI DI DESA KAMI ADA UPACAR ADAT YANG DI BERI NAMA MA’ACIA GALAMPA DALAM ACATA TERSEBUT MENGANDUNG ACARA ADAT SPIRITUALA SETIAP ACAR ADAT SUDAH PASTI WARGA YANG ADA DI PERANTAUAN PASTI PULANG KAMPUNG TERUTAMA WARGA DARI SAMARINDA(KALTIM) ACARA TERSEBUT BIASANYA DIADAKAN PADA BULAN 11 YAITU PADA MASUK MUSIM HUJAN…………..TETAPI PERLU DIINGAT UNTUK MENEMPUH DIDESA KAMI PERLU WAKTU BEBERAPA JAM UNTUK SAMPAI DI DESA LAPANDEWA KAINDEA KARNA AKSES JALANNYA MASIH DALAM KEADAAN RUSAK,,,,,TETAPI PANORAMA KEINDAHAN LAUT DAN HUTAN SANGAT MEMUASKAN HATI MAKA TIDAK TERASA CAPE,,,,,,,,
    TETAPI AKHIR-AKHIR INI DESA KAMI TERJADI PERSELIHAN DENGAN DESA TETANGGA HANYA GARA-GARA TAPAL BATAS PADAHAL DESA YANG BERSELISIHAN PADA AWALNYA HIDUP RUKUN BAGAI SAUDARA KANDUNG TETAPI ADANYA ORANG-ORANG YANG TIDAK BERTANGGUNG JAWAB MASALAH INI JADI TIMBUL…………………KITA SEBAGAI ORANG PERANTAUAN TIDAK USAH IKUT CAMPUR BIAR ORANG – ORANG YANG ADA DI DESA SANA YANG SELESAIKAN PERMASALAHAN INI,,,,,,TETAPI ADA YANG MENGATAKAN ITU ADALAH TANAH ADAT DAN TANAH NEGARA,,,,,,,, KITA AKAN CARI BUKTINYA,,,,,,,,,,,,SIAPA YANG BENAR DAN SIAPA YANG SALAH,,,,,,,,,,,,BUKTINYA DI KERATON ADA BUKTINYA YAITU KITAB YANG BISA BUKA HANYA SULTAN DAN ORANG LAPANDEWA KAINDEA,,,,,,,,NEGARA INDONESIA BATAS WILAYAHNYA DI KUTIB DARI KEKUASAAN PATIH GAJAH MADA,,,NAH DI KAINDEA BATAS WILAYAHNYA DI KUTIB DARI KESULTANAN BUTON,,,,JADI KALAU MENGUTIB DARI KITAB TERSEBUT MAKA LAPANDEWA ADALAH YANG BENAR……..

  107. Kapan saya ke Buton yaaa

  108. matakuku lapandewa rongi said

    perselisihan antara kaindea dan sempa2 seharusnya tidak perlu terjadi apalagi sampai terjadi pembakaran… itu bukan merupakan salah satu solusi yg tepat…. ingat kita ini adlh anak cucu LABUKUTORENDE… BERSATU TDK BERPADU BERCERAI TIDAK BERANTARA….

  109. La Ode Rusman said

    para pemuat foto yg budiman,, tolong di muat dgn foto “”mesjid WAWOANGI yg artinya (mesjid d atas angin)” yg bentuknya penuh misteri,, dan sampai skrang blum terjawab mana yg duluan d bangun mesjid keraton atau mesjid wawoangi,, yg ada d kec.sampolawa… agar masarakt buton tau bawha mesjid yg tertua d pulau buton it ada dua…. dn tolong d muat juga “”satu tanda telapak kaki””, orang yg pertama minginjak pulau buton untuk menyiarkan agama islam..

  110. saya orang buton lahir dibuton (numpang doang) besar di perantauan saya suka membaca artikel teman-teman lewat internet dan saya merasa bangga jadi orang buton ternya orang buton punya budaya dan mempunya filsafat hidup yang sangat kokoh namun ada pertaan saya kepada teman-teman dulu kalau orang tua-tuan ingin melakukan sesuatu kegiatan dia selalu mengatakan Ae salo kabarakati wolia bae wuna kelihatanya ada satu kepercayaan disana kalau ada teman yang tau dan faham bisakah di jelaskan terimah kasih

  111. bermimpi membangun perusahaan minyak di Buton

  112. http://www.baubaupos.com barometer informasi di Baubau paling update

  113. Muhammad A. R. Baharuddin said

    السلام علـيكم
    Buat saudara sekalian! Buton jaya pada masa lalu karena Kesultanan Buton berpegang teguh pada ajaran Islam, seharusnya sebagai orang Buton yg ingin kebesaran bangsanya yaitu dengan bersyaria’at dengan baik dan benar. Toh Pencipta kita Allah SWT akan mengangkat derajat umat yg bertaqwa.
    Berpulang pada zaman megah itu d karenakan Sultan Buton beserta perangkat² kesultanan selalu bersyari’at dengan baik dan benar, sudah sepatutnya kita mencontohi agar selamat dunia dan akhirat, Subhanallah, Allahu Akbar
    Saya bukan siapa² hanya manusia hina tak luput dosa!
    Perkenalkan Reza turunannya Tua Maruju, salam hangat buat semua, وسلام عليكم

  114. Awaluddin Baali, SH said

    Saya asli orang Wameo, apa yang dikatakan oleh teman” smua, itu benar adanya
    Masukan : agar komenx yang enak dibaca, keburukan orang jangan diumbar disini, ini kan ajang reunian, cari sanak famili yg dah hilang atau cari teman n info tentang Buton.

  115. azman said

    wah ini kmpung bpk saya.jd pngen ksna.

  116. sejah buton tdk akan perna terbuka.karna buton slalu berdiri sendiri.karna dibuku sejarah buton tak perna dikenang. maka sejah buton hanya dikenang dan takan perna dimasukan dibuku sejartah .////

  117. buton itu banyak aneka bahasa.jasi bolimo karo sumanamo lipu.itulaah kata sejah buton.buton tak ingin ditau sejarah ole puplik. tak seperti tanah jawa.karna hasil alam yg ter besar didunia.hanyalah tana buton.dan itu tlah dirasakn.oleh seluruh dunia.yaitu aspal terbesar.

  118. seandainya.parah wartawan datang kebutuni.ia akan ter[
    pesona.dgn ka
    aneka ragaman adat istisdatnya seperti pekande-kandea.yaitu seorang wanita menyuapi seorang lelaki.datanglah pada saat selesai lebaran 7 hari.maimo ingkomiu.tapokawa-kawaka ih butuni .tana lembokana rata.dengan keraan yg terl,uas didunia.terletak diatas puncak gunung.dan seluru kota dapat terlihat dari atas keraton butuni/buton/baubau.bau-bau terdiri dari dua kota yaitu kota bau-bau dan kota mara.dan ada juga goa yg brbentuk kelamin wanita.mungkin sebagian masarakat buton blum ada yg tau.bila blum tau hubungi aja alvin. oke jgn lupa.salam butuni.

  119. buton negri seribuh bahasa.cimola,oh.inggomiu.umbe.aitumo paah. dan ada juga gua.yg terdalam. entah sampai dimana ujung guahnya.sampai saat ini gua itu tak seorg pun tau,bila ingin tau hubungi aja alfin rahmatullah. akan aku bawa ketempat 2 gua yg aku sebut ituoke.salam waondho wholio.

  120. laode samsudin.biar anda org buton tapi tampa tau bahasa buton percuma jadi org buton.karna tak prna ingat tana buton. aitumo pah.notamo dhua.kaasi moane.???????? satu kapal dari pana singga berlayar tanjung maliling.walau aku bujang keliling tapi akuv tetap singga ketana buthon. maimo ta pejalaka

  121. muhammad syarif said

    saya keturunan buton ke2 ortu sya asli buton. marga saya siolimbona yg sya tnyakan tlong ceritakan asal usul marga siolimbona

    makash,,,,,
    I LOVE BUTON

  122. Sa sbgai ank BUTON akn tetap mengenagmu wlpun sa d perantauan maupun sbliknya….!!!!

    .mari Bersatu kita tegu.
    . Bersama kita membangun pulau BUTON.

    . I LOVE YOU BUTON umuuaacch.

  123. Nizar Assegaf said

    Neneknya bapak saya orang buton namanya Wa Ode Ambe yang bersaudara dengan La Ode Hanamu dan saya sdh pernah ke Buton …Subhanallah rindu rasanya ingin berkunjung kesana lagi…Insya Allah…

  124. Muhammad A. R. Baharuddin said

    السلام علـيكم
    Saudara²ku jika bangga akan kebutonan saudara² sekalian itu memang baik, akan tetapi janganlah berlebihan sehingga timbul rasa angkuh di dalam diri.
    Alangkah baiknya sebagai generasi muda kita presentasikan kepada dunia akan lemah lembutnya kita, rasa persaudaraan kita apa lagi kita sesama muslim mau dari golongan apapun kita telah diikat persaudaraan oleh keislaman kita.
    Maaf jika saya salah berkata, kesempurnaan hanya milik Allah SWT, semoga sholawat dan salam senantiasa tercurah kebapa junjungan kita Muhammad SAW, أمين يارب العا لمين
    Salam hormat saudaraku
    وعليكم سلام

  125. waode Nur Eva said

    meski aku lahir di Pare-Pare(sul-sel) & ku gak prnah BUTON namun, ada darah buton mengalir dalam tubuhku. love u Buton ..

  126. RohitznagkTolandona said

    Kebersamaan itu indah…
    Add me FB Rohytz_khan@yahoo.co.id

  127. raihan saputra said

    Ass..wr.wb….saya sedih membaca polemik tentang tanah wolio, disisi lain rakyatx sangat miskin lahiriyah karena kemunafikkan pemimpin pemerintahan di Bau’s,…bukan main korupsi di tanah yang diberkati itu….,lihat aj pejabat2x pada gendut perutx mereka tidak sadar apa yang mereka kerjakan…,wallahualam kapan negeri ini ru bisa bangkit….,dari dulu sampai sekarang jika saya singgah di Buton saya tidak merasakan perubahan apa2, karena itu banyak masyarakat Buton yang merantau ke luar karena merasa tertekan bathinx dengan keadaan di negeri itu…,Tapi ingatlah Allah SAW tidak buta melihat negeri yang diberkatix dipimpin oleh pemimpin yang serakah, karena itu mereka masih diberi kesempatan untuk bertobat sebelum waktux tiba…,burung irian burung cenderawasih,sekian dan terima kasih.

  128. gajahmada said

    muhammad syarif @ SIOLIMBONA BUKAN MARGA TAPI KOMUNITAS ATAU HIMPUNAN ADAT YANG MENGANGKAT SULTAN. TERDIRI ATAS 3 KUBU ATAU GARIS KETURUNAN YANG MEWAKILI MASYRAKAT BUTON. YANG DINAMAI KAMBORUMBORU TALU PALENA. 3 garis keturunan yaitu : “Tanailandu,Kumbewaha dan Tapitapi”

  129. gajahmada said

    KUTELAH JAUH BERJALAN……. Lelah sudah langkah ini,diusia ku kini hanya harap yang datang jika akan datang pemimpin untuk membangun dan mengembalikan adat dan budaya orang tuaku. Wolio kumasinaiyah,rampakana kalimuamu arasalana yi naele naepua,aumbamo kaogesana Tanah Wolio,peka yincaiya karomu,!!!

  130. RIZMAN BUTON said

    z RUSIMAN IZU BUSTAM walaupun d rantau orang!!!! berharap kampung tercintku slalu d kenang pd setiap perantau-2 lainnya…BUTON I LOVE YOU….

  131. RZMAN BUTON post ONE said

    buton membuat aku mengerti akan arti hidup.
    buton membuat aku berani mengadu nasib d rantau orng
    buton membuat aku menemukan sosok wnita yg aku car slama ini
    buton membuat aku merubah nasib d rantau orang
    buton kabarakatimu slalu kutanmkan d setiap langkah kakiku
    i love buton aku berjanji tak akan pernah mengecewakanmu
    buton kenanganmu takan pernah tergantikan!!!!

  132. Saya rindu nak ke buton bila baca komen di atas…saya org sabah malaysia ,ayah org buton asal dari buton…

  133. Laode sarfan sadli said

    Z org asli buton. Tmpt tgl lahir z di kaubula. Tp z bsr di kabaena dan z setahun sekali di buton. Tp z sngt bngga dgn ke majuanx apa lagi buton baru” ini membangun kotmar di kaubula

  134. Saya dari keturunan Buton Tinggal di Negeri Gajah Putih sudah 4 generasi pd saya sekarang,kakek saya menurut ceritanya kecewa dengan pemerintahan yang memegang tampuk pimpinan daerah Buton pada masa itu, maka beliaupun merantau,ceritanya begini:Dizaman pemerintahan kerajaan Buton nenek moyangnya telah Berhasil melumpukan 1suku kaum yang tidak Pro dgn kerajaan Buton yaitu suku Morneni,al kisah nenek moyangnya yg terpilih untuk menjadi satu pasukan untuk menggempur suku kaum itu sampai berhasil,maka atas jasanya,Sultan Buton telah menghadiakan sebidang Tanah yang terletak di Kampo Wameok,tapi setelah sekian lama dan moyangnyapun sdh taada dan RI sudah terbentuk maka tanah pusaka itu telah diambil aleh pemerintah dan perjanjian itupun tdk berlaku logi sabap takaada surat suratan,. yang ingin saya tanyakan yalah:1apa benar ada ras Mornenie diButon?2apa adakah kampo Wameok diButon?3tolung buka sejarah Buton benarkah Mornenie itu tak pro kerajaan Buton dulu?4Kalau benar adakah pemberontak di kerajaan Buton itu mornenie?5coba tulong buka Sejarah siapakah pasukan pengaman untuk melumpukan ras mornenie itu? Hope cari kebenaran cerita kakek saya itu! sabap saya dari keturunan Pahlawan pengaman pemberontak Mornenie itu! kalau sdh dapat,saya itu sebenarnya di Buton dari keturnan yang mana?atasnama keturunan Buton saya bangga disini! Maaf saya bukan bermasut untuk minta apa-apa dari Buton tapi ingin tau asal laluhur saya itu,TQ

  135. Saya bangga dgn kota kelahiranku bau bau Buton yg semakin maju dan mulai sisa” nampak kebesaran dan kejayaanx dimasa lampau…,meski sdh 20 tahun diperantauan hatiku tetap berlabuh di tanah lembokana raaku….
    Harapanku semoga seiring dgn berkembangx kota bau bau (seluruh masyarakat buton pd umumx) diikuti pula dgn berkembangx sumber daya manusiax agar bukan cm sekedar kotax yg maju akan tetapi jg sumber daya manusiax….

    Anak rantau dari jayapura papua..

  136. La Ode Muhammad Rahmat Adin said

    Kalau bisa di muat juga foto makam semua Raja dan semua Sultan yang pernah memimpin Buton termasuk foto makam mia pata miana. Beritahu juga di mana lokasi semua makam tersebut.
    Trima kasih, salam damai untuk tanah Buton.

  137. La Ode Muhammad Rahmat Adin said

    Ass. War. Wab.
    Saudara sebangsa dan setanah airku marilah kita berpegang teguh pada prinsip silsilah yg di buat oleh Sultan Murhum.
    ” Yindayindamo arata somanamo karo.
    Yindayindamo karo somanamo lipu.
    Yindayindamo lipu somanamo sara.
    Yindayindamo sara somanamo agama. ”
    Sungguh hebat dan bagus sekali silsilah tersebut jika di jadikan prinsip hidup kita.
    Sungguh, bagi saya silsilah itu tidak ada duanya.
    Semua yang ada di Buton karna Kuasa ALLAH TAALA TE KABARAKATINA TANA WOLIO.
    Wass. War. Wab.

  138. mbahceng6 said

    Mantap……..karya amirul

  139. anchu fare adinata said

    buton i miss u,,,you city is the best

  140. alim said

    aslmualaikum wr.wb
    sekedar bertanya saudaraku smua,siapakah orag tua dari raja ke1 buton wakaa kaa?berapa orang anaknya? setelah berkeluarga tinggal dimana mereka?
    klau ngaku orang buton beri penjelasanya???

  141. adey julia a said

    buton pantai kamali, is the best
    salam, adey di jkt.

  142. Petunjuk-petunjuk yang diungkapkan oleh para aulia, leluhur-leluhur orang buton sudah mulai teraktualisasikan satu demi satu dalam kenyataan, mulai dari terbangunnya pelabuhan di Batu Buti dan seterusnya. Satu yang besar yang belum yaitu dikibarkannya 72 buah bendera yang menyimbolkan 72 negara (multi-nationals) yang akan ikut mengambil bagian dalam penghelatan eksplorasi akbar hasil alam yang sedang misteri dalam butuninya pulau Buton. Kalau itu insyaAllah akan terjadi seperti petunjuk lain yg sdh terwujud sekarang, pertanyaannya kemudian adalah sdhkah kita dari semua elemen, teristimewa para pengambil kebijakan mengantisipasinya secara pekah? untuk menyiapkan SDM generasi muda sebagai penerus campuk estafet dari semua bidang? Misalnya menyekolahkan putra-putri buton lewat jalur beasiswa, salah satunya di bidang pertambangan, sehingga kala keajaiban-keajaiban besar terjadi di Buton, kita semua siap melakoninya dengan baik sehingga kesiapan kita akan memberi dampak positif bagi kemajuan dan kesejahteraan hakiki bagi masyarakat buton khususnya dan Indonesia pada umumnya. Untuk kita semua; bercita-citalah setinggi langit sehingga kalaupun tidak sampai, semoga jatunya juga di antara bintang-bintang yang tak terbilang jumlahnya yang juga masih tetap tinggi dari bumi. smoga sukses.

  143. Ardiansyah,SH said

    Saya sudah sering ke bau-bau khususnya untuk melihat,,seni,budaya,sejarah kesultanan buton,.injak tanah buton kalau belum ke keraton berarti belum injak bau-bau…BOLIMO KARO SUMANO LIPU,…

  144. mhini said

    Bulan 12-2013 go to bau-bau untuk melihat keraton,…untuk pertama kalinya,.selama ini hanya mendengarkan cerita dari teman dn saudara,..alhamdulillah suami ajak aq untuk ketanah buton…thanks..

  145. la ode arson said

    ass… untuk sawdaraq semu

    tahukah kalian bahwa nama buton sudah ada dalam hadist nabi besar kita yaitu Nabi Muhammad SAW,bawasanya Bahtniy atau buton itu di ibaratkan sebagai perut atau pusatnya… coba baca buku TAMBAGA YANG NAMA ASLINYA ASSAJARU HULIQA DAARUL BATHNIY WA DAARUL MUNUJAT… saya bangga dan bersyukur bisa di lahirkan di tanah buton… terimakasih… dan klw ada yang berdiskusi tiggl hbungi ja sya… ni no hp sy…085696401742

  146. la ode arson said

    untuk informasi sawdaraq yang di perantauan…
    besok selesai sembahyang jumat,ada pelantikan sultan di dalam benteng keraton… terimakasih…

  147. yusran. sampolawae said

    Kini, aku harus menunggu untuk kembali
    Kepada indahmu yang hampir terlupakan
    Namun waktu itu pasti akan tiba
    Saat aku melepas rindu
    Bersama kampung halamanku
    salam tanah buton, kota smerbak n maju trusssssssssssss

  148. pengen pulangke Negeri Buton

  149. wa sunia said

    wa sunia

    saya sekarang ada di kalimantan , dan saya bangga bangat karna sya bisa tetanp liat keadan di buton. kukaliwuliwu lae te kampoku talaga n raha

  150. ishalk la ode said

    baubau makin ramai saja.. Calon ibukota provinsi yg bakalan melesat pembangunan kotax..

  151. La Hasan said

    Perkenlkan nama saya La Hasan, baik Bapak maupun Ibu masih asli orang Buton, saya lahir di Lipumangau (Desa Gunung Sejuk, Kecamatan Sampolawa), merantau di Kalimantan sejak tahun 70 an, saya pernah sekolah di SMP Neg. 2 Bau2 (6 bulan) thn 1973. Juga pernah sekolah di SMA Neg 2 Pasar Wajo (6 bulan) thn 1979 kala itu masih kelas jauh yg dipimpin pak Munizu Hawi, salam buat semua teman2 yg masih mengingat saya. Saat ini saya menetap di Kaltim dan bekerja sebagai PNS. melalui media ini saya hanya mengusulkan kepada pemerintah Buton dan Kota Bau2, bahwa dengan banyaknya masyarakat P. Buton yang merantau baik di dalam negeri maupun luar negeri, bagaimana kalau dibuat satu organisasi yang berpusat di p. Buton, apapun namanya yang dapat mempersatukan masyarakat P. Buton di perantauan, dan program utamanya saya usulkan untuk mengadakan gerakan LIMA RIBU RUPIAH Masyarakat Buton, setip Bulan yg dikoordinir oleh organisasi tersebut, hal ini saya pikir sangat bermanfaat baik itu silaturahmi antara perantau dan keluarga yang ada di Buton, maupun peran perantau untuk membangun Buton. MARI MEMBANGUN BUTON, dari LA HASAN di Samarinda.

  152. AL RAJULIN said

    sayabutuh informasi dan persatuan masyarakat buton yang berdomisili di samarinda….mohon bantuaanya…,hp 081245830093

  153. Laode sarfan sadli said

    Saudara qu syarif ubaidah saya memberi tauh kepada anda bahwa di p.buton tdk ada suku mornene. Suku mornene cuman ada di p.kabaena di sebelah pulau buton. N memang benar di p.buton ada kmpung wameo. Krnh skrng di jdkn pasar wameo

  154. JUMIYATI said

    hidup buton lapandewa aku cinta padamu.walaupun aku baru 3 kali menginjak tanah di buton tapi aku tidak akan lupa sama pemandangan di sana.aku ingin sekali tinggal di sana selamanya.tapi adik saya sekolah di samarinda
    sehingga aku harus tetap di samarinda.tapi bagi kalian yang baru mau ke buton.demi tuhan kalian pasti tidak akan nyesal kesana.karena pemandangannya sangat indah,sangat bersih sekali……………

    I LOVE YOU BUTON LAPANDEWA
    AKU CINTA PADAMU

  155. laodebasri80@yahoo.com said

    Saya setuju dengan saudara 151 La Hasan itu usualan yang sangat bagus.

  156. Dimanapun aku berada aku adalah orang Buton tepatnya di Kelurahan Laompo, Kec. Batauga. dimanapun saya berada ditanya bang orang mana saya jawab saya orang Buton. I love u Buton.

  157. La Ode Ridman Bolu said

    Mulai saja berbuat utk Buton, walau sekecil apapun. Kalau yang jauh maka bisa menjaga komunikasi lewat situs ini. mungkin suatu saat akan bertemu sesama Buton di situs ini pada kota anda (kota yg sama). Ban selanjutnya bisa memulai membangun silaturahim Buton.
    Yang lebih afdhol, rencanakan kepulangan bersama, misal lebaran 2015

  158. bolimo kaasi pogau …………..
    kita sama orang buton saling mendukung coyyyyyyyyyyyy jangan menjatuhkan sauaramu sendiri kaasi …….

  159. saya asli orang kalimantan tapi jangan salah saya berketurunan bangsawan juga dari BUTON WOLIO ,dan orang tua saya dua2nya asli dari kraton ………..
    kalau boleh nich postingkan dong video keindahan alam bau-bau dan sekitarnya ,bisakan ?????????????????????

  160. Saya besar djakarta krn org tua tinggal djakarta, org tua dr buton dan wanci, tp alhamdulillah sy pernah sekolah dbau-bau ( SMA 1 bau-bau) artinya sy pernah tau buton dansekitarnya. jd sy punya temen2 sma yg dbuton yg pada sekolah dan tinggal djakarta dan sekitarnya. tp saat ini sy ngaa tau lg buton yg skrg sudah maju dan berkembang. hebat deeh
    tp katanya skrg buton merupakan daerah paling mahal harga2 (perekonomanya) k 3 setelah papua dan bali ya,,,? info doong
    semoga buton bs mandiri tdk tergantung dr daerah lain..

  161. muzarahim lapago said

    buat mengkaakakana,,, mari kita bangun negeri buton kembali,,, sejara buton seperti ditutupi oleh NKRI,,, BUTON seperti penemu2 muslim di timur tengah yg selalu ditutupi oleh bangsa EROPA… BUTON tidak perna du jajah oleh BELANDA !!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: