Orang Buton Punya

Komentar Para Pembaca Akan Sangat Membantu Dalam Memperkaya Khasanah Blog Ini

Tenunan Buton

Posted by orangbuton pada 28 Juli 2008

Perempuan dan Kaum ibu Buton sejak zaman dahulu terkenal akan kemahirannya dalam menenun. Karena kemahiran dan ketekunan mereka inilah tenunan Buton sampai saat ini menjadi primadona kekayaan budaya masyarakat jazirah Sulawesi Tenggara.

Kecintaan masyarakat Buton terhadap budayanya telah menjadi faktor penentu terpeliharanya kekayaan budaya ini. Dalam setiap ritual adat sejak manusia Buton dilahirkan sampai dengan kematiannya pemakaian pakaian Adat Buton dengan tenunan Buton menjadi bagian dominanannya menjadi pelengkap sakralnya pelaksanaan suatu ritual adat.

Mengikuti hukum pasar bahwa suatu produk akan bertahan dipasaran jika ada penawaran terhadap produk tersebut. Demikian juga dengan tenunan Buton sebagai suatu budaya dia akan tetap bertahan selama para penganutnya masih masih setia menjalankannya. Selama Setiap Ritual adat diselenggarakan secara lengkap dengan segala atributnya, selama itu pula kebutuhan akan kelengkapan adat dimana tenunan buton salah satu didalamnya akan mendapat permintaan. Selama ada permintaan maka produksi akan terus berjalan.

Sebagai suatu produk Tenunan Buton akan tetap terus bertahan dipasar selama ia dapat memenuhi kebutuhan dan selera dari para konsumennya. Faktanya, pada hari Tenunan Buton telah mengembangkan motif-motif dan warna-warna baru yang merupakan modifikasi dari motif-motif lama yang menjadi pakem motif Tenunan Buton.

Satu Tanggapan to “Tenunan Buton”

  1. putra keraton said

    sarung tenunan buto adalah salah satu identitas bagi perantau yg berasal dri buton..corakx yg khas dan elegan mengisyaratkan indahx sarung buton…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: