Orang Buton Punya

Komentar Para Pembaca Akan Sangat Membantu Dalam Memperkaya Khasanah Blog Ini

SULTAN DAYANU IKHSANUDDIN

Posted by orangbuton pada 6 Agustus 2008

Nama asli LA ELALANGI, nama julukan OPUTA MOBOLINA PAUNA, gelar jabatan SULTAN DAYANU IKHSANUDDIN

ASAL USUL

Sultan Dayanu Ikhsanuddin bernama ” La Ode Elalangi” dan oleh masyarakat Buton pula dengan gelar ”Oputa Mobolina Pauna” (sultan yang meninggalkan jabatan). La Ode Elalangi menurut kekerabantannya adalah berasal dari Kaona Tanailandu. Beliau adalah putra La Siridatu buah perkawinannya dengan Paramasuni putri Sultan Murhum, sedang La Siridatu adalah putra La Maindo Raja Batauga buah perkawinannya dengan Banaka Putri Opu Manjawari Datu Selayar, dan La Maindo adalah putra La Kasituri buah perkawinannya dengan Datungguna Putri Raja Batauga Laluwawi.

Selanjutnya La Kasituri adalah putra Raja Maguntu buah perkawinannya dengan Wasulalangi Putri Lie Bun Thai (La Buantae), sedang Raja Maguntu adalah putra Banca Patola (Bataraguru) Raja Buton III buah perkawinannya dengan Wai Lan Cu Gie putri Wai Lan Biauw Bo (Wa Bororo), dan Banca Patola adalah putra Bulawambona Ratu Buton II buah perkawinannya dengan Datu Baleu Putra Batara Lattu Raja Luwu. Selanjutnya Bulawambona adalah putri Wa Kaa Kaa Ratu Buton I buah perkawinannya dengan Sri Batara Putra Raja Manyuba (Jayanegara) dana Wa Kaa Kaa adalah Putri Kubilai Khan Kaisar Cina buah perkawinannya dengan Ratnasari Putri Jayakatwang.

La Ode Elalangi bersaudara kandung beberapa orang yaitu :

  1. La Rajangkuta (Sangia Lahulu)
  2. La Ngunjaraji (Sangia waero-ero)
  3. La Fajara (Sangia Lampenano)
  4. La Kondowa (sangia gundu-gundu)
  5. La Mantiri (sangia lantongau)
  6. La Siribaja (sangia Kambowa)
  7. Wa Sulalangi (sangia Yi Wawonoata)

La Ode Elalangi mempunyai 7 orang putra dari beberapa perkawinannya. Dari perkawinannya dengan Darmatahi putri La Sangaji Sultan Buton III, memperoleh putra yaitu :

  1. La Balawo
  2. La Cila
  3. Kapitalau I Tatari

Dari perkawinannya dengan Nyai Hiba, beliau memperoleh putra yaitu :

  1. La Sinuru
  2. Sangia Mbela-mbela
  3. La Tumpamama

Perkawinannya dengan Wa Billahi memperoleh putra yaitu :

  1. La Ode Ode
  2. Kapasarana

Dalam suatu upacara resmi yang diselenggarakan di samping mesjid Agung Keraton (di depan tiang bendera kesultanan) Sultan Dayanu Ikhsanuddin mengumumkan pengunduran dirinya sebagai Sultan Buton dengan menanggalkan atribut jabatannya dihadapan Sara Buton dan semua pejabat yang menghadiri upacara. Setelah mengumumkan pengunduran dirinya, Sultan Dayanu Ikhsanuddin dengan tenang meninggalkan tempat upacara, meskipun pernyataan pengunduran diri tersebut tidak direstui oleh Sara Buton karena menyalahi prosedur dan tatakrama adat yang berlaku. Peristiwa ini, membuat Sultan Dayanu Ikhsanuddin oleh rakyat Buton diberi gelar ”Oputa Mobolina Pauna”. (Sumber : History Of Buton Empire)

2 Tanggapan to “SULTAN DAYANU IKHSANUDDIN”

  1. gundala said

    salam kenal ya..sama2 orang buton nih

  2. Alex said

    Trima kasih kepada pengelola situs atau blog ini karena menambah pemahaman saya ttg beliau ini, saya merasa tertolong dengan mengetahui silsilah keatas dari Laelangi ini dan sy ingin menyampaikan bahwa beliau bernama Laelangi, bukan La Ode Elangi walaupun beliau berputra seorang bernama La ode-ode. Istilah La Ode itu setahu saya nanti setelah awal abad 20. Sebenarnya beliau ini masih mempunyai gelar lain setelah pengunduran diri beliau sebagai Sulthan, Karena setelah itu sejarah buton sudah tidak terlalu mencatat gelar apa yang beliau pakai hingga wafat bukan di wolio tetapi ditempat lain di pulau buton. Sebagai seorang Sulthan, sangat wajar kalau kemudian dibuatkan Makam di Bau-bau dan sebagai yang merasa sbagai salah seorang keturunan beliau dari La ode-ode mengucapkan terima kasih kepada saudara2 kami yang di wolio. Smoga Allah mempertemukan kita smua dalam suasana yang baik dan senang. Aaamiin….ya Rabbal Alamain……

Tinggalkan komentar