Orang Buton Punya

Komentar Para Pembaca Akan Sangat Membantu Dalam Memperkaya Khasanah Blog Ini

SULTAN KAIMUDDIN II

Posted by orangbuton pada 6 Agustus 2008

Nama asli LA TUMPARASI, nama julukan SANGIA BOLEKA / OPUTA MOSABUNA IBOLEKA, gelar jabatan SULTAN KAIMUDDIN II

ASAL USUL
La Tumparasi adalah putra Sultan Murhum dari perkawinannya dengan seorang puteri raja Jampea di Kalaotoa. Ia dilahirkan pada 5 Muharram 934 Hijriah tahun 1528 Masehi. Oleh masyarkat Buton setelah meninggal La Tumparasi dikenal dengan nama julukan ”Sangia I Boleka”. La Tumparasi kawin dengan seorang putri bernama Wa Ode Mbolode dan dari perkawinannya itu ia tidak memperoleh anak.
Setelah dewasa, La Tumparasi telah mengikuti ayahandanya Sultan Murhum dan belajar ilmu pemerintahan, ilmu agama dan ilmu beladiri dari Sultan Murhum, Djamaluddin bin Abdul Wahid dan dari iparnya Kapitalao La Kabaura.
La Tumparasi berhenti dari jabatan Sultan Buton II setelah adanya hasil musyarah dari Sara Kesultanan yang menghasilkan keputusan:
1. bahwa kebijakan yang dijalankan oleh Sultan La Tumparasi terlalu keras, sehingga banyak mengundang sengketa antara lain dengan portugis yang kuat ardamanya di Malaka dan menghambat para pedagang dan mengambil jasa angkutan rempah-rempah di Maluku.
2. La Tumparasi sangat keras menjalankan agama Islam bagi rakyat yang belum kuat pemahamannya terhadap agama Islam, sehingga banyak menimbulkan keresahan rakyat di pedalaman
3. bahwa sultan perlu dilindungi dari akibat serangan asing, dimana oleh karena itu maka jalan terbaik yang ditempuh adalah memberhentikan sultan La Tumparasi dari jabatannya.
Dengan keputusan Sara Kesultanan itu maka pada pertengahan tahun 1591, Sultan La Tumparasi berhenti dari jabatannya. Selanjutnya sebagai penggantinya, Sara Buton mencari 3 orang calon yang memenuhi syarat yaitu La Elalangi, La Sangaji dan La Singa. (Sumber : History Of Buton Empire)

Satu Tanggapan to “SULTAN KAIMUDDIN II”

  1. ayundabhuwana said

    Wah, terima kasih atas tulisannya, sangat membantu aku.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: