Orang Buton Punya

Komentar Para Pembaca Akan Sangat Membantu Dalam Memperkaya Khasanah Blog Ini

EMPAT SENJATA SULTANAAT BUTUNI

Posted by orangbuton pada 15 Maret 2010

Disadur dari buku MEMBARA DI API TUHAN

Sultanaat Butini bertahan selama 4 (empat) abad karena dapat menggunakan dengan sempurnah 4 (empat) senjata Sultanaat Butuni. Ke empat senjata tersebut adalah :

Satu     : Orang datang dengan kekuatannya, kita sambut dengan kelemahan,

Dua      : Orang datang dengan keberaniannya, kita sambut dengan ketakutan,

Tiga      : Orang datang dengan kekayaanya, kita sambut dengan kemiskinan,

Empat  : Orang datang dengan jumlah yang banyak, kita sambut dengan kesedikitan.

“Yang kuat disambut dengan kelemahan” maksudnya ialah bahwa dalam melihat kedatangan orang-orang kuat, ingatlah bahwa yang mempunyai kekuatan itu sesungguhnya adalah  Tuhan sendiri. Manusia lemah tidak berdaya,  kekuatan yang ada pada dirinya adalah kekuatan Tuhan. Kenapa kita mesti merasa lemah padahal sesungguhnya semua kekuatan itu milik Allah SWT semata. Yang kuat adalah mereka yang mengerjakan semua kewajiban-Nya.

“Yang berani disambut dengan ketakutan” maksudnya mereka yang mendatangi dengan keberanian itu hendaklah disambut dengan ketakutan hanya kepada Tuhan. Yang harusnya ditakuti itu adalah bila telah jauh dari Tuhan. Mengapa kita harus takut dengan keberanian itu jika itu hanya ciptaan Tuhan juga.

“Orang datang dengan kekayaannya disambut dengan kemiskinan”.   Yang kaya hanya Tuhan, hanya Dia yang memiliki. Sesungguhnya tidak ada yang kaya karena diri sendiripun adalah milik-Nya. Kekayaan yang datangpun adalah kepunyaan-Nya pula. Kepunyaan-Nya hendaklah digunakan  dijalan yang Ridhai-Nya.

“Orang mendatangi dengan jumlah yang banyak disambut dengan jumlah yang sedikit”. Satu adalah jumlah yang paling sedikit. Keyakinan hanya kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dalam keyakinan yang penuh kepada Tuhan bahkan diripun menjadi tiada hanya Tuhan yang ada, sehingga menjadi kesedikitan yang banyak. Dalam keadaan ini “seorang sudah lawannya, seribu sudah tandingannya

14 Tanggapan to “EMPAT SENJATA SULTANAAT BUTUNI”

  1. inilah keagungan buton. terlihat kecil bagi yang tidak tahu, namun apabila sudah mengenalnya, maka kebesaranlah sesungguhnya yang buton miliki. Laksana 2 naga yang binasa karena merebutkan dan menelan nenas.
    Seolah mudah di taklukan namun kehancuran yang mereka peroleh.

  2. But's said

    Salam

    Itulah Berkat Negeri Buton, seperti yg telah diriwayatkan oleh Rasulullah.
    Buton merupakan daerah seribu benteng, seribu misteri, seribu Wali, seribu pusaka, seribu etnis & budaya.

    Beta orang Buton di Papua yang ingin sekali mempelajari SEJARAH LELUHUR. Karena Sejarah NKRI erat hubungannya dgn Negeri Buton/Wolio ???

    Suluh Indonesia Muda
    Wassalam

  3. saya ingin memiliki buku membara di Api Tuhan. Gimana caranya?

  4. yai mea said

    da lama dengar buku membra di apai tuhan klw ga salah karangannya La Ode Malim
    gmn cara dapetinnya

  5. siolimbona said

    SUPAYA tidak mengada2 tidak ada sama sekali hadist rasulullah yang berbunyi seperti yang ditulis oleh Mr But,s

    sory bung jgn terlalu mengada2.

  6. cebol said

    maaf tuan Siolimbona riwayat Rasul bukan berarti hadits. mungkin Mr. But’s belum mempelajari secara langsung dari sumbernya. harap sama sama dimaklumi, beliau kan mau memperdalam SEJARAH BUTUNI. TKS

  7. mamnun said

    Saya sangat tertarik untuk membaca buku tersebut kerana mengandung nilai2 dan semangat juang tinggi.

  8. putra lamangga said

    saya sebagai orang buton cukup bangga dengan sejarah buton tempo dulu,cuma sekarang saya sangat sedih dg para pemimpin dan kepala pemerintahan yang ada di tanah buton.korupsi sangat merajalela yang kaya tambah kaya sedangkan yang miskin semakin tertindas.coba kalo para pemimpinnya sebelum dilantik harus disumpah seperti sumpah yang dilakukan para raja dan sultan tempo dulu.siapa yang melanggar azab allah akan datang padanya……..wassalam

    putra lamangga

  9. kembalikn kesultanan buton, nga usah pke walikota dan bupati, pke sultan saja dan sara-sarax….biar kita kembali berjaya

  10. umardan hatab putra lapandewa rongi said

    lama dari pada mendapat akan pendapat itulah yang di dapat….. perbedaan pendapat itu adalah sebuah rahmat

  11. Kae said

    Sejarah kehidupan bangsa Buton… penuh dg nilai kemanusian dan ke-Ilahiyah

  12. akhriani said

    buton memiliki sjarah yg luar biasa, sistem pmrntahan paling modrn dimasax. juga para pemimpin yh arif dan bjaksana, hukum tegas dan merata, sistem pertahanan yg kuat, trrbukti mampu bertaham hingga 600 tahun..mungkin krna pendiri buton sendiri adalah para raja, jendral dan bangsawan terbaik dari berbagai krajaan (malaka, pasai, sriwijaya, majapahit, jendral dari mongolia, ulama dari arab) menetap dan membentuk kerajaan buton..
    seharusx org buton lebih arif dimasa kini, para pemimpinx lebih bijaksana..sperti yg pernah ditorehkan para sultan2 buton masa lalu.
    dahulu para pjabat kesultanan melakukan sujud syukur setelah berakhir masa jabatanx, bukanx bergmbira dan berpesta saat merai suatu jabatan..itu sbabx jabatan di sebut “soda” dikala itu. amanat yg sngat berat dipikul…
    …sekian dulu, cz ndak ada habis berbicara ttg buton.
    salam dri saya …nany, tggal di mks
    sy orang bugis, brsuami orang buton, orang buton sgt baik dn penyayang…cnthx suami saya..hehehe..

  13. ALHAMDULILLAH..SAYA BERSYUKUR KERANA LAHIR DALAM BANGSA BUTON…CUKUPLAH ALLAH TUHANKU,CUKUPLAH MUHAMMAD RASUL JUNJUNGANKU,SYUKURLAH BUTON BANGSAKU…SEMOGA ALLAH SENTIASA MELINDUNGI SERTA MERAHMATI SEMUA BANGSA BUTON SERTA SELURUH MUSLIMIN DAN MUSLIMAT…..SEMOGA KITA SEMUA DALAM KEREDHAANNYA…..AMIN YA ALLAH

  14. La Sariu said

    Kita patut berterima kasih dengan adanya ruang sharing seperti ini sehingga dapat menjembatani kita semua untuk saling mengingatkan kepada jalan kebaikan dan kesabaran. Hindari semangat saling pondawu-dawutaka (saling melecehkan, meremehkan dan merendahkan), karena buku membara di api Tuhan baru satu diantara begitu banyak buku yang perlu dihimpun, dianalisis serta dinterpretasi sebagai sumber pedoman yang dapat menghantarkan kita pada jenjang pengenalan diri yang sebenarnya diri dengan atau tanpa atribut/ pernik-pernik lahiriah, seperti; pangkat, jabatan, kekayaan dan strata sosial, sehingga dengan demikian kita akan dapat menyandang gelar khalifatul filardhi secara pantas, yang kemudian akan memantaskan kita menjadi bagian dari panasnya api itu secara haqqul yaqin tanpa tanya, bimbang dan ragu. Semoga kita akan mencapai pengalaman merasakan tingkatan Ma’rifatullah seperti itu sehingga akan timbul cinta Mahabba ilallah, yang ditandai oleh rasa tidak ingin berpisa walau sedetikpun dariNya. Salam hormat dan kasih saya dari Adelaide, Australia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: