Orang Buton Punya

Komentar Para Pembaca Akan Sangat Membantu Dalam Memperkaya Khasanah Blog Ini

Tentang Saya

Nama             : La Ode Al-Muhammad Sufi Hisanuddin

Ttl                  : Bau-Bau, 27 Mei 1971

Alamat            : Jalan Anggrek No.9 Bau-Bau, Sulawesi Tenggara

Pekerjaan       : Pengawai Negeri Sipil

Lagi Naik Motor

Saya orangnya  santai dan tidak suka formalitas dalam keseharian. Setelah kegiatan kantor waktu saya   habiskan untuk mengerjakan hobi saya.

saya suka berkebun atau memancing dilaut. saya bisa betah berjam-jam memancing atau merawat tanaman di kebun. Kegiatan di alam terbuka memang membuat pikiran dan hati kita menjadi lebih terbuka.

Lagi Kerja dikantor

Saya sangat senang dengan profesi yang saya jalani selama ini.  Memang pendapatan dari segi materi  seadanya saja  tetapi melalui profesi ini  saya bisa lebih dekat dengan masyarakat di daerah melalui pelayanan yang saya berikan. Pelayanan yang diberikan dengan kasih sayang akan sangat efektif dari pada pelayanan yang tampa perasaan.

119 Tanggapan to “Tentang Saya”

  1. Titi Rahayu berkata

    hai…lam kenal..orang buton asli kah…

  2. winny berkata

    tulisan ini sangat membantu saya dalam menyusun desertasi saya, kiranya saya dapat memperoleh informasi nama penulisnya, karena dalam artikel ini tidak tertulis siapa yang menulis artikel ini hanya ada fotonya saja.

  3. Laode Muhammad Hendra berkata

    Yoi…….. Supaya bisa berbagi informasi tentang bumi ‘Bolimo Karo Sumanamo Lipu’

    Salam dari saya :

    Laode Muhammad Hendra
    Jalan Pulau Kalimantan No. 23
    P O S O – SULAWESI TENGAH

  4. orangbuton berkata

    Setiap komentar adalah untuk diabdikan bagi kekayaan khasanah budaya Buton yang kita cintai

  5. sketsa berkata

    salam kenal.
    apakah anada punya artikel yang menjelaskan tentang apa itu baruga?.dan buat apa?.
    terimakasih

  6. orangbuton berkata

    Salam Kenal
    Kami belum sempat menulis artikel tentang “Baruga”. Berdasarkan pengamatan kemi mengenai keberadaan Baruga Maka kami berpendapat Baruga adalah sebuah bangunan besar yang didirikan oleh komunitas adat buton sebagai tempat pertemuan untuk membahas dan memecahkan berbagai masalah yang dihadapi oleh komunitas adat tersebut…

  7. alan berkata

    bagi infox terus ya ttg buton tercinta ????

  8. Ir. Dasa Iskandar Ogo berkata

    Salam kenal, saya orang buton utara, tinggal di Bogor….kalau gak keberatan…. kita ketemu… sekalian sharing….

  9. YASRI YANTO berkata

    kenapa yach nda ada lagi Festival Keraton Buton ……?????????

    padahal itu merupakan event yang baik untuk mempertahankan dan mempersatukan berbagai keanekaragaman adat dan masyarakat yang ada di Eks Kesultanan Buton

  10. incema sarona odeta?
    ingkita alumni SMA 1 ato SMA 2 kah ?……

  11. Junaidi berkata

    Salam Kenal, Saya dari Matano, saya ingin melihat Topi Perang Poopoongku,
    saya mau lihat bentuknya apakah ada kesamaan dengan Topi perang Mokole Matano.

  12. Bagaimana dengan kondisi nelayan yang ada di bau-bau setelah ada pembangunan pantai kamali? Apakah masih banyak yang menggunakan koli-koli / sope-sope?

  13. orangbuton berkata

    Saya punya gambar Topi Perang yang dipakai dalam upacara Pelantikan Sultan Buton Ke-37
    Sultan La Ode Hamidi sekarang telah saya apload pada tulisan saya tentang Topi Perang Yang terdapat pada museum Keraton Wolio.
    Kondisi pantai kamali dengan sope-sope yang berlabu dapat dilihat pada Galeri Foto

  14. dika berkata

    Salam Kenal dari Gresik.Sy asli Binongko.

  15. La ode ST berkata

    Bang kenalan donk!!!

    NamaQ : La Ode Sore Tapi
    Lahir di Pulau kelang kabupaten seram bagian barat maluku
    sekarang saya tinggal di surabaya

    oya bang, saya butuh informasi tentang asal-usul nama La ode itu dari mana?

  16. orangbuton berkata

    Yth La ode ST

    Ditanah Buton nama La Ode mulai ada sejak Sultan Dayunu Ikhsanuddin menerapkan “Martabat Tujuh” sebagai dasar berkepemerintahan di Kesultanan Buton.

    Nama La Ode biasanya digunakan oleh keturunan Kaomu yang berasal dari tiga garis keturunan yaitu :

    Tanailandu, Kumbewaha dan Tapitapi

  17. nadya berkata

    Martabat Tujuh itu apa isinya dan apa hubungannya dengan pemerintahan, spritual dan diri manusia…mohon penjelasannya…

  18. Miana Bure berkata

    @Nadya
    Martabat Tujuh Konstitusi atau Undang-undang Dasar yang mengatur kaidah2 bermasyrakat berkepemerintahan di Kesultanan Buton. Konstitusi ini di dasarkan pada penerapan syariat islam.

  19. syamsuddin rukuwa berkata

    Saya orang Binongko asli saya ingin ada tulisan tentang peran binongko terhadap kesultanan buton dimasa lalu karena saya dengar ada julukan dari orang tua’ Binongko sorongana wolio’ apa sih maksudya dan mengapa di pulau binongko ada 2 bahasa mbeda2 dan cia – cia. Nama binongko sangat terkenal dimaluku bahkan walaupun dari buton daratan dikalangan orang tua dimaluku mengaku dari binongko” salamku dengan dengan syair ini” Bose kitamo Laode torato dia, to rato dia di oneno nubarangkato, mina diwali kosafi dingkora- kora, dingkora – kora kosaronako laode, londe bulafa safika nunabiyinto, pajala intan safika nu haji bula, mina dikoko kolea tebae mepa, tebae mepa tebte’a nukapala , kaasi lae fadu tumappa togo kaampe-ampe sabara togo numia” syair diatas adalah didendangkan oleh para pelaku sejarah ketika ke maluku. dan masih banyak lagi syair serupa, salam kapitan waloindi. ( kebenaran sejarah itu penting !!!!!! )

  20. syamsuddin rukuwa berkata

    Saya orang Binongko asli saya ingin ada tulisan tentang peran binongko terhadap kesultanan buton dimasa lalu karena saya dengar ada julukan dari orang tua’ Binongko sorongana wolio’ apa sih maksudya dan mengapa di pulau binongko ada 2 bahasa mbeda2 dan cia – cia. Nama binongko sangat terkenal dimaluku bahkan walaupun dari buton daratan dikalangan orang tua dimaluku mengaku dari binongko” salamku dengan dengan syair ini” Bose kitamo Laode torato dia, to rato dia di oneno nubarangkato, mina diwali kosafi dingkora- kora, dingkora – kora kosaronako laode, londe bulafa safika nunabiyinto, pajala intan safika nu haji bula, mina dikoko kolea tebae mepa, tebae mepa tebte’a nukapala , kaasi lae fadu tumappa togo kaampe-ampe sabara togo numia” syair diatas adalah didendangkan oleh para pelaku sejarah ketika ke maluku. dan masih banyak lagi syair serupa, salam kapitan waloindi. ( kebenaran sejarah itu penting !!!!!! ) Pulau buru.

  21. orangbuton berkata

    Saudaraku Syamsuddin Rukuwa

    Di wilayah Kesultanan Buton banyak bahasa daerah yang persatukan oleh Bahasa Wolio bahasa persatuan dan bahasa pemerintahan di Kesultanan Buton. Bahasa Binongko adalah salah satu sub bahasa yang digunakan Orang Buton yang mendiami salah Pulau di Kepulauan Tukang Besi yang sekarang lebih di kenal sebagai Kepulauan Wakatabi (Wangi-wangi, Kaledupa,Tomia dan Binongko).

    Binongko Sorongana Wolio dalam Bahasa Wolio secara bebas dapat diartikan sebagai Binongko merupakan tempat penyimpanan harta wolio.

    Kebesaran Budaya Suatu kaum ditentukan oleh sumbangan pewarisnya terhadap peradaban manusia….

  22. syamsuddin rukuwa berkata

    Trima kasih ( Kur mai- mai ) saudaraku La Sufi atas responnya semoga kita dapat berdiskusi di Buton Insya Allah kalo saya pulang Kampung. Semoga Allah memberikan negeri ini dengan rahmat dan kemuliaan khususnya Buton secara keseluruhan. Oh ya ( Tabea )boleh tambah sedikit tentang Binongko: Menurut hasil diskusi yang panjang dengan para orang tua asal Buton dan para orang tua yang Mursyid ( setingkat Bhisa yang dapat menelusuri kejadian masa lampau melalui penglihatan batin; Nama Binongko berasal dari dua suku kata yakni; Kata Bini = Istri dan Kata Ongko = nama panggilan untuk laki – laki orang Cina. karena menurut sejarah asal mula manusia diBinongko adalah lelakinya berasal Adonara NTT sedangkan perempuan berasal dari Cina ( Kapal cina yang mencari rempah – rempah di laut banda dan terdampar / karam di Binongko ) dan pada masa silam orang menyebutnya = Biina Ongko dalam bahasa Wolio.

  23. terus belajar berkata

    salam kenal…blogs ini sangat mantap…mhn ijin jika sekiranya artikel2nya ini docpy demi untuk mengenalkan buton ke dunia luas…

  24. Karim Asyarie berkata

    Trima kasih kalau ada orang2 buton seperti anda yg memperhatikan daerahnya,dan memang perlu buton ini di perkenalkan luas di seluruh negri,karna buton adalah negri tersembunyi yg perlu di gali potensi dan keunikan budaya dan obyek wisatanya

  25. Anton berkata

    Slm knal

  26. Irwan berkata

    Asalamualaikum Wr,Wb

    Salam Kenal,
    Terima kasih informasinya sangat penting sekali,mohon klo ada informasi tentang La ode Karambau saya ingin mengetahuinya kenapa dlm blok ini saya melihat masa pemerintahannya Beliau menjabat sultan 2x??? keturunannya dari mana?apakah dari Buton atau dari Gowa yang bernama karaeng Bau? adakah bukti2 sejarah yang bisa dilihat mengenai beliau?dimana makam Beliau berada??

    Irwan
    Merauke

  27. laode berkata

    buat bng la sufi slm knl, sy jg keturunan buton tp sy buta ttg buton yg ternyata memiliki sumber daya n keanekaragaman yg dahsyat..
    sy ingin sekali mengetahui sejarah buton n apkah nama laode masih ada nasab dng keturunan rosulullah SAW, sy pernah sy dngr dr bbrp sumber bahwa orng yg bernama laode masih ada keturunan dr bangsa habib atau keturunan dr rosululloah SAW,..BENARKAH???
    sy sndripun masih mencari tahu kebenarannya..tolong di cari kebenarannya bang la sufi,sebab banyak jg dr bangsa habib yg memanggil sy habib,,,mohon bantuannya ya bang (DEMI TERBUKANYA SUATU KEBENARAN) terimakasih kasih sebelumnya buat bang la sufi….

  28. La Daane berkata

    Salam kenal La Sufi,saya orang buton asli 100% dan bangga bila membaca sejarah buton yang mana sejarahnya sangat unik dan menarik,tapi yang menjadi pertanyaan saya selama ini dari mana dan sampai dimana letak geografis kapulauan buton itu? contohnya seperti pulau muna atau pulau lain di sekitarnya termasuk (WAKATOBI)apakah masih juga termasuk pulau buton? sementara bila kita melihat di peta pulau-pulau tersebut sudah terpisah dari pulau buton dan yang saya tau selama ini pulau buton ibu kotanya adalah bau-bau dan pusatnya adalah keraton

  29. siolimbona berkata

    buat syamsudin rukuwa.

    wakatobi (wangi-wangi, kaledupa, tomia dan binongko), dulu pulau ini jelas tidak berpenghuni dan selalu menjadi rebutan. oleh berbagai kerajaan termasuk gowa dan ternate. kEMUDIAN KESULTANAN BUTON membuat sebuah kebijakan yaitu memindahkan secara permanen Penghuni keraton_buton (dalam wilayah keraton) sebagai orang-orang yang terpilih untuk dipindahkan ke 4 tempat tersebut dan berasal dari 4 tempat di dalam keraton buton.

    cuma secara khusus belum dibahas mengenai pemberian nama, hanya nama itu muncul sebagai hasil asimilasi budaya yang terrus berkembang di sana. dari dalam benteng keraton dipilih lah orang2 yang dianggap kuat dan tangguh untuk permanen mendiami daerah wakatobi sebagai bagian dari mepertahankan keutuhan wilayah kesultanan buton dari ancaman kerajaan lain. Jadi dicatatan orag2 keraton… bahwa orang2 wakatobi asli adalah orang2 keraton yang dipndahkan secara permanen sehingga muncullah istilah wakatobi adalah duplikat keraton buton. Semua kedigdayaan yang ada dikeraton buton juga ada di wakatobi.

    BEGITU SAUDARAKU

  30. Arsad Rahim Ali berkata

    salam kenal untuk @orangbuton berkata. perkenalkan kami orang buton rantauwan, walaupun masih pada daratan sulawesi tapi rindu kampung halaman selalu ada. Kunjungi juga blogku, bercerita tentang opini dari fakta empiris seputar masalah epidemilogi gizi dan kesehatan di Polewali Mandar. Di dalamnya juga ada cerita tentang silsilah penulis, dikemas secara Kontenporer mulai datangnya Putri Raja wakaka, anaknya dijodohkan dengan

    cerita ini menjadi aku semakin rindu pad kampung halaman…

  31. orangbuton berkata

    Yth. Bapak Siolimbona

    Senang ada orang bijak seperti bapak yang memberi komentar pada blok ini yang bisa memberi pencerahan bagi pembaca blok ini……

  32. aidil berkata

    boleh tanya tidak, dari man asal usul sebutan la ode dan wa ode

  33. laode zulkifli berkata

    salam kenal dari saya, laode zulkifli (kalsel, banjarmasin,tanah bumbu, pagatan.
    moga dikuatkan tali persaudaraan kita ammiiiiiinn,
    walaupun saudara “laode / waode” jauh dimata tapi selalu dekat dihati saya, dunia maupun akhirat.

  34. yulius mahuri berkata

    bos q…………. ternyata ganteng tawa,,, he,,,he,,,he,,,he,,,??

  35. Karya Baru (Sorawolio) berkata

    Bro ! Orang cia-cia laporo itu, kata orang wolio keraton! org cia2 laporo “antona sorongana wolio”. Kalo orng binongko di bilang sorongana wolio, pas mi ! disana juga orangnya menggunakan bahasa cia2.
    Bukti kalo orang laporo di sebut antona sorongana wolio !!! sampai sekarang orang laporo masih memegang teguh tata cara adat turun temurun dari masa2 kejayaan keraton dulu, dibanding daerah2 lain di buton. Mau percaya ! coba deh datang di kampung Karya Baru, setiap tahun masih ada acara ritual syukuran atas hasil panen “MA’ATA’A”/ pesta kampung yang dilakukan 2 kali setahun. Hasil penelitian seorang Doktor yang dari Korea yang fasih berbahasa Cia2 dan pernah datang di Karya Baru pd acara Ma’ataa thn 2007 (maaf lupa namanya). Dia mengatakan kalo “Tarian linda” dari laporo sama persis dengan tarian di Korea Selatan, hanya bedanya tarian linda menggunakan selendang yang di adopsi dari melayu sedangkan tarian yang di Korea menggunakan Kipas.
    Kalo bahasa ! Bahasa cia-cia laporolah yang pertama kali muncul di daerah pulau Buton. Dan bahasa cia-cia laporo sekarang sudah selangkah lebih maju di banding bahasa lain yang ada di buton. Mau bukti ! sampe sekarang orang2 Korea Selatan masih sering datang di Sorawolio untuk belajar bahasa cia2 laporo. Herannya kenapa Orang2 Korsel tersebut tidak belajar bahasa wolio ke’, bahasa wanci ke’, bahasa kapontori ke’ atau bahasa2 yang ada di buton, tapi hanya bahasa cia2 laporo sj. Jauh2 datang dari Korea hany mau belajar bahasa Cia2 laporo sj, ini ternyata ada persamaannya juga antara bahasa cia2 laporo dengan bahasa haenggul Korea Selatan.
    Bahkan tahun2 kedepan akan di buka perguruan tinggi jurusan bahasa di Karya Baru (lokasinya sudah siap), bantuannya berupa komputer sudah ada juga bro! .
    Tapi mau tau lebih jelasnya ! coba deh datng di Karya Baru…! Nama2 jalan pake huruf haenggul korea, di Korea juga begitu nama jalan pake bahasa cia2. Kalo ketemu anak sekolah SMA 6 Bau2 di Sorawolio, coba tanya pake bahasa Korea. Jangan heran kalo mereka rada2 pintar dan fasih berbahasa korea, karena di sekolah mereka, bahasa korea sudah merupakan salah satu mata pelajaran. pengajarnya tidak kalah adalah mahasiswa2 orang korea yang datang dari Korea.
    Juru bahasa wali kota bau2 sj ketika ke Korea tahun 2009 ! adalah anak SMA Neg 6 Bau2. Jadi orang Karya Baru sudah pernah ke Korea memperkenalkan bahasa Cia2 dengan tarian adat “Linda”, “Mangaru” dan “Manca”/ silat. Tahun 2010 (bln 2) kemarin ditampilkan lagi tarian2 adat laporo di hadapan masyarakat Korea di Jakarta, sekaligus pengukuhan seorang artis terkenal Korea (lupa namanya, bro) sebagai putri Cia2.
    Bro ! dukung yah…!!! orang Laporo, biar maju terus….

  36. Risno Taweri berkata

    Aslmkm..Wr. Wb…
    Salam Ketemu kembali

    Alhmdulilah… Babang, Saya sangat senang membaca profil ini, banyak hal tentang Buton yang ingin Saya ketahui, terutama Saya ingin penjelasan tentang Kapita lau – kapita Lau yang pernah ke Tanah Maluku..? Karena Sejarah mereka yang menghiasi lembaran sejarah di Maluku terutama garis keturunannya…!

  37. formuna berkata

    Ada kah suku Buton atau Bahasa Buton? Setahu saya Suku bangsa atau Bahasa yang bernama Buton itu tidak pernah ada.

  38. Orang Merdeka berkata

    Formuna : Meski terdapat empat kelompok suku dominan di provinsi ini, namun Tolaki dan Buton bisa dibilang dua suku yang paling menonjol. Pada masa lalu, kedua suku tersebut diidentikkan dengan dua kerajaan besar yang pernah ada di sini.

    Kerajaan Wolio berdiri di Buton sekitar abad ke-13. Beberapa wilayah bawahan yang dikuasai, yakni Kerajaan Muna di Pulau Muna, Kerajaan Kamaru di Buton Timur, dan Kerajaan Tobe-tobe di Buton Barat. Pada abad ke-16, dengan dijadikannya Islam sebagai agama bagi seluruh warga masyarakat Buton, bentuk pemerintahan berubah menjadi kesultanan yang lalu mampu bertahan hingga empat abad lamanya.(http://indonesiafile.com/content/view/914/60/)

  39. Rahman berkata

    Ass, terima kasih Pak Ode atas usahanya berbagi informasi ttg Buton, khususnya tentang sejarah dan budayanya. Kiranya pula, bait-bait pikirannya di jendela ini dikayakan dengan foto/gambar, sehingga lebih membuat dekat imajinasi pembacanya pada apa yang disampaikannya. Bila, perlu cuplikan dokumen yang “seadanya” sebagai bukti materialnya, agar pembaca juga mengenal naskah/sumber rujukannya. Tapi itu hanya saran, putusan akhir ada sama Pak Ode.
    Hal yang kini hangat adalah soal bahasa dan masyarakat Buton Cia-cia. Saya kira jika ada informasi di jendela ini akan sangat menarik untuk menyejukkan dahaga orang tentang itu. Tradisi lisan (cerita rakyat), baik yang terkait maupun hasil kebudayaan orang Cia-cia sangat menarik untuk disuguhkan kepada pembaca blog ini.
    Untuk sementara itu saran saya, demi pengayaan lembar “emas” pengetahuan Buton ini. Sukses Selalu Pak Ode.

    Rahman
    Penikmat studi/informasi Buton

  40. Lia berkata

    saYa mau dapat tugas untuk mencari adat perkawinan di suku buton.nah,,,,, yang ingin saya tanya kenapa seorang istri di buton di panggil ” PERAHU”, mohon penjelasan ,,,!!!! thaks ya ,,,,,,!!!!

  41. thya tiara berkata

    Assalamu ‘alaikum. Salam kenal, Pak.
    Pak… sy mau taX tentng stratifikasi sosial dalam masyarakat Wolio. Bagaimana hubungan antara KAOMU,WALAKA, dan PAPARA?? Maksud sy, Pak.. bagaimana sapaan/sebutan KAOMU untuk WALAKA dan PAPARA, atau sebaliknya. Mohon penjelasannya!!!

  42. Ardhan berkata

    Ass. Pa ode. Sy Ardhan asli karya bru sorawolio. Sy tinggal d sorong skrg. Sy mau usul bagaimana klo bahasa cia2 d muat d kurikulum tambhan ut d pelajari dr SD sampai tingkt SMU. Ut kota bau2. Slm buat tmn smu 2 bau2 angktn 2002.

  43. Ardhan berkata

    Ass. Salam knal kembali dr sy (Ardhan) aq mau memberithkn kpd pembca blog ini khususx masy.Cia2 laporo..Saatx skrg ut kt memaknai arti dr “antona soronga” analisis sy gk ada yg namanx brg yg d simpan dlm peti itu berupa sendal bkas,atw brg yg tak berharga lainya, tp sebalikx adalah brg yg berharga seperti pusaka,emas,berlian dsb, yg berarti inti yg d btuhkan dlm kehidupan ini.Ut itu mari saudraq smua .Kt rapatkan barisan ut mensejajarkan masy laporo dgn suku lain dlm birokrasi d kota bau2 dan indo. Pd umumx .Aq ykin kt bs sebgai inplementasi slogan tersebut. Yg dyakini berkah oleh masy buton dan di ridhoi oleh Allah swt. Amin… Hayoo..Generasi bugi-karya baru.Buktikan!

  44. Bose kitamo Laode torato dia, to rato dia di oneno nubarangkato, mina diwali kosafi dingkora- kora, dingkora – kora kosaronako laode, londe bulafa safika nunabiyinto, pajala intan safika nu haji bula, mina dikoko kolea tebae mepa, tebae mepa tebte’a nukapala , kaasi lae fadu tumappa togo kaampe-ampe sabara togo numia”…………..apa arti syair ini ..? apa ada makna lebih mendalam tentang syair ini ..? mohon dijelaskan….trims sbelumnya N salam knal

  45. odex berkata

    Jadi ko sombongmi itu ko pasang fotomu yang lagi dikantor. memang kampungan paling juga gaji sekitar 2 jt, gayanya minta ampun..cuiiih…

  46. Eza amsuruba berkata

    Salam kenal,sy orng buton turunan biasa klw bpku panggil nama sy slalu diawali dgn “WA” mungkn karna sy perempuan dan “LA” klu memanggl adik laki-laki sy,papa blng bahwa kata “LA”dan”WA” ada hubngnya dgn kalimat sahadat dalam agama islam sbgai agama sy,mungkinkah ? Mohon penjelasan

  47. Ode Rakhmani berkata

    Assalamualakim..salam kenal ya bang..saya lahir ditanjungpinang kepulauan riau. ayah saya asli suku buton dan ibu saya asli melayu tanjungpinang. senang sekali rasanya dapat informasi tentang buton..ingin sekali saya berkunjung kesana bang..apalagi sekarang dikampung bapak saya (wakatobi) kalau tidak salah sedang digarap sebuah film produksi anak negeri sendiri..

  48. alfian arumu berkata

    alfian berkata
    saya sebagai putra awainulu sangat mendukung untuk memajukan budaya buton cia-cia laporo

  49. la anton berkata

    Assalamu’ Alaikum Wr. Wb

    Salam Kenal
    sangat bangga skali ada Forum” tentng Sejarah Buton, tapi ini sebagai Batu loncatan saja….. ntuk kita lebih mendekatkan diri kepada Sang Khalik sperti Para Leluhur Kita dulunya yg sangat Taat.

    anton. Skrngn tinggal di Ambon

  50. Wa Ode Cica Fazria berkata

    Assalamualaikiu,..

    salam knal,.
    saya sebagai orang buton,. mau mempertanyakan tntang bahasa wolio yang baik dan benar itu bemana??,. coz stiap daerah dibuton bhsa woliox berbeda” logat (katu),.. dan apakah La untuk sbutan laki” dan Wa tuk sbutan wanita dah kaitanx dgn syahadat,.??? mohon penjelasanx

    Wa Ode Cicha Fazria

  51. La Dianto berkata

    salam kenal dari miana wolio di Bogor, sudah waktunya bahasa wolio itu di perkenalkan kembali, skalian untuk mempertahankan budaya Wolio

  52. Salam Kenal.. Saya tinggal di ambon… bagaimana kabar sudara2 di situ… buton memang kaya akan budaya…. semoga orang buton tetap bersatu… terutama orang buton yang ada di tanah rantau…. I Love You Buton…

  53. Mohamad berkata

    Aslmkm,
    Mohon mf saya pengen mencari saudara d buton.Nama nya d panggil org “pak ode” dan saudara lainnya nama bidin.mgkn bpk kenal?
    Terimakaseh

    Wslm

  54. ramli arifin berkata

    saya asli cia cia laporo ( gunung sejuk) yg sekarang di tanah rantau pulau seram (maluku). pak kalau bisa tolong dikaji lagi dari awal proses terjadinya suku laporo dan bagaimana keterkaitan antara bahasa cia cia dengan bahasa korea. terimakasih salam kenal untk kita semua.

  55. khensi haruna berkata

    Ass,,,wr,,,wb…..

    Beta nama: La Ode Harun Abdulrasyid Kaimuddin dari Ambon.

    salam kenal for saudara2 buton semua…..

    wslam!!!!!!!!!!!!!!!.

  56. coin sultra berkata

    aku orang indonesia, yang hidup di salah satu pulau di sulawesi, tidak usah kita perdebatkan masalah suku,… aku mau nanya asal usul orang wakatobi dari mana dia masuk lewat mana, dia ras apa?

  57. LAKARANI LAMADIANGI berkata

    LAKARANI LAMADIANGI

    Saya anak asli Buton diperantauan dan seorang guru di Tawau Sabah Malaysia ingin memohon agar ada seseorang yang boleh membantu saya memberikan maklumat kebudayaan Buton. Semoga bantuan yang diberikan akan membolehkan anak-anak Buton diperantauan tidak lupa kebudayaan asal mereka dan mereka dapat pamerkan kepada masyarakat lain di Malaysia. Hubungi saya di FB Cikgu Lakarani Lamadiangi

  58. fidi berkata

    memang setiap tulisan atau cerita yang saudara-I buat sangatlah baik, namun ada satu hal yang perlu kita ingat bahwa dalam membuat suatu cerita yang ada kaitannya dengan sebuah sejarah, maka perlu dilakukan peniltian dan kajian ilmiah dari berbagai sumber yang jelas sehingga publik (bukan hanya masyrakat buton ) dapat mempelajari akan keragaman khasanah budaya buton secara baik dan utuh. kami ingin apabila ada dari saudara-saudariku yang akan menulis mengenai hal-hal yang menyakut kebudayaan buton sebaiknya disertai dengan nama nara sumber yang kuat, sehingga para pemuda dari pelosok nusantara dapat menggali informasi lebih banyak lagi. kepada saudara-Iku, saya sangat bangga dengan semangat saudara-Iku semua untuk memajukan pulau buton, semoga cita-cita para orang tua kita dapat tercapai. Amin
    Saran : Bersatulah Wahai Pemuda-Pemudi Buton, janganlah bercerai berai, Kukuhkanlah tali persaudaran, begikanlah Ilmu yang telah engkau dapat kepada saudara-saudaramu di Tanah Buton, berikanlah rasa cinta dan kasih kepada saudara-saudara kita yang lemah dan miskin, berdo’alah slalu kepada Allah SWT agar masyarakat seluruh kepulauan buton sejahtera, damai sentosa.

  59. Firdan berkata

    Ad Dimana sja baruga slin di bau-bau…?

  60. oyank Ali Adonara berkata

    otak memang butuh ketenangan

  61. YC8IBD berkata

    Salam Kenal Yah….saya juga salah satu turunan Walaka, dari bapak dan Ibu saya……….

  62. Harrybuthunywolio berkata

    slam knal smuaax…… z kturunan dr bonto ogena la adi maafaoka

  63. Fendy yess berkata

    Lam knaL ss vhendy org binongko yg sekarang ini BAU BAU. . . . , . Harap binongko juga di masukan pranan”x di BUTON sa ktakan dmikian karna ,di festival kraton ituhari dikatan bahwa MANUSIA YG TERJAGO DI BUTON Yg BERNAMA (KAPITA WALOINDI) dan dikatakan juga bahwa KAPITAN WALOINDI asli BINONGKO. . . . . . . . . . Harap penjelasannya

  64. dedetakayasa berkata

    assalamualaikum, saya ingin sekali bisa berkunjung ke buton. ada beberapa yang ingin sy tanyakan, bagaimana saya bisa pergi k sana.saya berasal dari malang jawa timur. bisakah saya di hubungi di dede.takayasa@yahoo.com
    atas bantuannya saya ucapkan jazakallahu khairan…!

  65. peduli umat berkata

    siolimbona;
    Orang tua kami (Ayah dari Tomia dan Ibu dari Wanci). Kami (anak2) lahir dan besar di Maluku. Jika membaca tulisan saudara sbb: “wakatobi (wangi-wangi, kaledupa, tomia dan binongko), dulu pulau ini jelas tidak berpenghuni dan selalu menjadi rebutan. oleh berbagai kerajaan termasuk gowa dan ternate. kEMUDIAN KESULTANAN BUTON membuat sebuah kebijakan yaitu memindahkan secara permanen Penghuni keraton_buton (dalam wilayah keraton) sebagai orang-orang yang terpilih untuk dipindahkan ke 4 tempat tersebut dan berasal dari 4 tempat di dalam keraton buton.”

    Apa mungkin kami msh salah satu keturunan dari Raja2/Kesultanan Buton yg dulu tinggal di lingkungan keraton juga ..??? he he …. Oh iya orang tua kami tdk pernah menceritakan perihal tsb. sehingga kami tdk tahu akan budaya dan sejarah ttg buton.
    Satu hal yg saya tahu bahwa kel ibu saya dr Wanci adl pedagang sekaligus pelaut ulung. dgn mengunakan kapal kayu mrk membawa pakaian ‘rombengan’ u dijual ke Ambon dan sekitarnya. Bahkan kel nenek (dr ibu) ada yg merantau sjk msh muda ke Singapura dan tlh menetap disana sampai sekarang.

    Orang Buton di rantau terutama yg di Maluku (p. AMbon dan sekitarnya) banyak yg sukses, dan diperhitungkan dlm berbagai bidang. Buat admin … terima kasih telah berbagi informasi u menambah pengetahuan ttg sejarah leluhur kami.

    Terima kasih

    Nur (saat ini tinggal di Surabaya)

  66. arif berdarah Lapandewa tambunaloko berkata

    buat nur jgn sok km pake tulis-tulis siolembona…klu tdk tahu apa itu siolembona…

  67. La Jony berkata

    Untuk La Ode no urut 27,saya tanggapi pertanyaanya.Memang para La Ode asli di Buton adalah masih turunan Rasuulullaah,tetapi bukan lagi turunan langsung Sayyidina Ali Bin Abi Thaalib,La Ode adalah turunan tak langsung. Nasabnya yaitu Sayyid Abdul Waahid memiliki 3 anak perempuan yang di nikahi pembesar Ke Sultanan Buton yakni Sultan, Sapati dan Kenepulu di masa itu . Sultan Dayanu Ikhsanuddin turunannya di sebut Kaomu Tanailandu.Sapati La Singka turunannya di sebut Kaomu Tapi-tapi dan Kenepulu La Bula turunannya di sebut Kumbewaha.

    Di masa Sultan Dayanu Ikhsanuddin inilah mulai adanya Undang-undang Murtabat tujuh yang menetapkan bahwa jabatan Sultan,Sapati,Kenepulu dan Kapitalao adalah dari 3 turunan tadi. Jadi Sultan Butun Ke-5 sampai saat ini adalah turunan tak langsung Sayyid Abdul Waahid atau turunan tak langsung Sayyidina AlI Bin Abi Thaalib. Karena Sultan Buton dan termasuk para La Ode asli adalah turunan tak langsung maka tidak boleh lagi bergelar Sayyid atau Habib,walaupun secara Gen, tipe wajah dan tubuh nampak ada wajah Arab.

    Saya jelaskan dulu turunan langsung dan tak langsung ini. Turunan langsung adalah turunan laki-laki yang belum putus sampai kepada orang tersebut contohnya Imam Ja’far As shadiq adalah turunan langsung Sayyidina Ali Bin Abi Thaalib karena nasabnya sebagai berikut Imama Ja’far As shadiq Bin Muhammad Al Baqir Bin Ali Zainal Abidin Bin Husein Bin Ali Bin Abi Thaalib.sedangkan turunan tak langsung adalah turunan yang bukan lagi dari pihak laki-laki tetapi dari pihak perempuan. Contoh dari hal ini adalah Imam Syafi’i adalah turunan tak langsung dari Sayyidina Ali Bin Abi Thaalib nasabnya yakni Muhammad ( Imam Syafi’i ) Bin Fatimah Binti Abdillah Bin Hasan Bin Ali Bin Abi Thaalib. Kebiasaan di Buton ini adalah mengikuti tauran Bani pada masyarakat Arab itu yakni harus ikut nasab ayah. Bila Ayah La Ode walaupun Ibu bukan Wa Ode ,anak tetap di hitung Ode. Tetapi bila ayah bukan La Ode dan Ibu Wa Ode maka anak bukan lagi Ode. untuk yang terakhir ini kalau kebiasaan para Habib atau Sayyid sekarang bila Ibu Sayyidah atau Syarivah sedangkan suaminya orang biasa maka anaknya bukan lagi Sayyid atau habib,tapi sebut mior, di daerah kita ini kalau tidak salah di istilahkan Limbadolango.

    Demikian penjelasan saya semoga di maklumi dan semoga Allah Ta’aala menurunkan Ridho-Nya pada kita semua.Aamiin.

  68. Endang berkata

    Assalamu’alaikum, saya Endang dari Jakarta, teman2 panggil nama sayasingkat aja “En”. Saya brwosing2 eh liat blog orang2 buton. Ibu bapak saya orang Buton, tapi saya lahir dan besar di jakarta. Kakek saya namanya La Ode Manggada dan nenek saya namanya Wa Ode Ona (mereka sudah almarhum). senang bisa melihat blog ini karna saya tbelum pernah ke Buton. salam kenal semuanya

  69. Junet FORBATHIN berkata

    For Arif FORBATHIN, Cia moapa ndeea, ane iso’o konie,jelaskan sakaara,mbaincu too

  70. Ramlan AiSah berkata

    saya dari malaysia dan asal usul keluarga saya dari buton,,,,,,,ayah saya brketrunan wanci dan ibu saya muna,,,,selama saya lahir didunia,belum pernah saya sampai atau pon datang ke buton,,,,,dan saya amat berbangga menjadi salah satu bangsa buton,,,cuma saya tidak tahu sedikit dalam bahasa buton,,,,

  71. Nur berkata

    arif berdarah Lapandewa tambunaloko berkata
    2 Juni 2012 pada 12:03 am
    buat nur jgn sok km pake tulis-tulis siolembona…klu tdk tahu apa itu siolembona…
    +++++

    Pak Arif, terima kasih atas koreksinya. Sebenarnya tdk begitu maksud saya menulis kata “SIOLEMBONA” sebenar adalah untuk menangapi tulisan No.29 dari sdr/i.SIOLEMBONA. cuma kami lupa unutk menambahkan “gelar”nya dlm hal ini sapaan untuk kaum laki2 atau perempuan (sdr/i,bpk/ibu dll). Utk no.29 sdr/i SIOLEMBONA maafkan atas khilaf ini & terima kasih atas ulasannya u menambah wawasan saya

    Untuk sdr Arif berdarah Lapandewa tambunaloko no.66 .. saran kami sebaiknya anda sdkt menulis ttg apa itu SIOLEMBONA shg bisa diketahui oleh saya atau orang lain u menghindari penulisan yg salah. Walaupun kami sdh pernah baca ttg apa itu SIOLEMBONA tp tdk ada salahnya jk anda sedikit mengulas skdr u mengingtakan. terima kasih
    salam

    NUR

  72. LENY ERLIDA berkata

    salam kenal buat smua orang buton yang ada di sini….Saya, leny dari kediri Jawa timur, saya akui saya punya keturunan Buton karena Ayah saya Orang Buton Asli (sudah Alm) nama Belau Kasim Achmad (La Opa, nama kecil beliau) dan ibu saya Nonie Saiha,juga sudah Alm, berasal dari Kolonedale, tapi beliau sejak kecil tinggal di Bau-Bau. Saya pun lahir di kota Bau-bau tapi sayang setua saya skrg ini saya g pernah ke Bau-Bau, dan saya penggemar lapa-lapa dan nasu wolionya…biasanya ibu saya slalu masak di hari Raya… bisa kan saya minta resep masakan tsb….. Thanks

  73. la umara putra lapandewa rongi berkata

    TABEA…. itu adalah hal yg wajar ketidak tahuan saudara tentang suku/bangsa/dan bahasa buton karena memang kita ada dlm sejarah dari ketiadaan……… dari tdk tahu menjadi tahu

  74. sampolawa berkata

    He Umar,empae mambaka tahu kan tempe,ane yau mombaka tempe ,ane tahu cia mombaka wkwkwkwkwkkw

  75. la umara putra lapandewa rongi berkata

    TABEA….. ane nomombaka ka ma`e cike`emo la kambaka…..qiuqiuqiu…… sampolawa alias forbatin yg di bone2 kah……

  76. La Junet berkata

    BANAAARA NDEEAAA HAHAHAHAHAHAAAEEEEE

  77. La Junet berkata

    He Umar, La Junet,Sampolawa te La Jony poita ndeea aslino La Junet,konieemo too

  78. buhari berkata

    ass. pak sy buhari, mau tanya nih…? apakah bedah tata cara perkawinan antara masyarakat Buton dan Buton kepulauan (wakatobi), bagaimana tatacara sebelum dan setelah berpisah dengan buton?

  79. ali alatas berkata

    saya ali alatas sedang mencari silsilah salah satu tokoh buton yng bernama habib muhammad alaydrus yng terkait dengan kraton buton dan pulau tikus dithun 1800-1900 yng anak cucunya pindah ke ambon.untuk menyambung sisilah suami adik ipar saya di ambon silsilah suami adik ipar saya hanya tau sampai abddullah alaydrus . ini urutannya: hasan b. husain b. mukhsen. husein bin muhammad bin abdullah alaydrus. bila ada yng bisa bantu mengetahui silsilah habib muhammad alaydrus yg menjadi tokoh di buton sekitar tan 1800 sampa 1900 saya ucapkan terimakasih bila ingin mengirim ke email saya alialatasbsp@yahoo.co.id atau sms di hp saya 87887881565 cukp sampai 7 nama keatas dari abdullah atau lebih akan lebih baik trims kasih bsekali lagi.

  80. Muhsin bin Salim berkata

    Assalamualaikum….

    Saya, Muhsin Bin Salim…
    Masih orang Buton, walaupun tidak tergambar pada namanya…
    Ibu asal Lombe, Bapa asal Wongko..
    Sedang mengenal sejarah bangsa buton..
    Teringin juga utk sampai di Buton..

  81. salam kenal dari sy harno putra buton domisili lombe bombonawulu,dinas d bumi bungkarno blitar jawa timur

  82. oh ya lupa ni almat mail sy hharno96@yahoo.com

  83. saya seorang pelajar. Tawuran itu tidak baik dan tidak patut d’conth dngn baik ,. bagaimna INDONESIA mw maju kalau ank bngsanya ska berantem dan tauran d’mna’ smpe”presiden pusing mikirin negaranya ,sekian trmnksh

  84. gina berkata

    benarkah suku cia-cia belum memiliki huruf sendiri sehingga harus menggunakan huruf hangeul korea untuk penulisannya?

    terimakasih :)

  85. Fifin LaMisi berkata

    assalamuaalaikum…indau uka mia binongko..binongko cia-cia i ambon…salam kenal eleya eleya’ u…

    terimakasih :)

  86. kaka mu juga S.Psi berkata

    krim no hp mu bang di sini 081242788856 spy diskusi aku kira bapk dijogja

  87. dany berkata

    Permisi numpang koment…. saya orang Buton juga tepatnya dari Desa Lapandewa Kecamatan Lapandewa kabupaten Buton, suku cia-cia..
    tapi sekarang lagid jakarta,,,, mari kita berbagi informasi,,,

    I LOVE BUTON…
    I LOVE LAPANDEWA…
    I LOVE CIA-CIA…. bahasa yang ku banggakan….
    hehehehehehehe

    (my fb : kang dany )

  88. Jadi pingin ke buton lagi..semoga buton selalu di rahmati ALLAH

  89. R. Salihi berkata

    SALAM KENAL DARI ORANG BUTON DI KAMPUNG KAYU MERAH, FAKFAK TENGAH – PAPUA BARAT

    RINDU TANAH LELUHUR……..
    BUAT SAUDARA2 YANG DATANG KE FAKFAK JANGAN LUPA SINGGAH DI KAMPUNG INI.

  90. Juned berkata

    Mohon dibuatkan atau dikirim kamus bahasa buton

  91. asrun.a berkata

    mau tanya nich…
    1.gelar la ode itu berasal dari manakah ,apakah dari kesultanan buton ato kesultanan muna…?..
    2.jika berasal dari kesultanan buton..kok kenapa kesultanan muna menggunakan gelar yg sama ato sebaliknya…?
    3.benarkah pernyataan ini yg pernah aku dengar….klo gelar utk bangsawan buton maka penulisan LA dan ODE hrs berpisah seperti ini LA ODE….dan klo gelar utk bangsawan muna maka penulisan LA dan ode hrs menyambung seperti ini LAODE….
    begitupun penyebutan berbeda
    …mohon pihak admin…ato teman bisa sharing jawaban…
    thank so much

  92. Idris Hasan berkata

    Yth @orangbuton

    Tabea…..
    Sekedar saran kepada sdr’s sy yg orang Buton,
    - Tolong dihimbau kepada mereka agar jangan terlalu berbangga diri dengan ODE apalagi sampai angkuh dg hal itu sehingga merendahkan org lain. Mereka harus tau betul asal mula ODE, bila tidak nasib apesss dapat mengahampiri. Bila dia dia ODE, dia harus mengenal MALAODE karena dari itulah ODE itu ada. ODE muncul sebelum islam masuk ke Buton dan munculnya dalam pangkuan dengan nyanyian ” ODE ODEKU….. ODE ODEKU… dst ”
    - Tolong jangan perdebatkan tentang keturunan Sultan karena hal itu akan berikan euporia yg dapat berikan perpecahan diantara kita org Buton, hal tsb sdh dibuktikan oleh leluhur kita (Tabea) “LA ODE WUNA”, Beliau tinggalkan tanah Buton karena hal tersebut di atas. Hingga sekarangpun yg terjadi demikian, karena keegoan dan keinginan utk diakui sehingga diantara kita sesama org Buton satu dg yg lainnya tidak saling menghargai, hal ini terjadi didalam lingkungan keraton sendiri. Diantara keturunan Sultan saling berebut kekuasaan, padahal diantara mereka ada yg tidak punya hak . Mereka yg tdk punya hak antara lain mereka yg keturunan dr Sultan dg Selirnya. Namun kenyataannya, mereka inilah yg selalu berkoar mencari simpati dan menghalalkan segala cara utk mendapatkan pengakuan, barang siapa yang tidak mendukung mereka akan dianggap sebagai musuh. Itulah yg terjadi saat ini…..!!!

    WASSALAM.

  93. Idris Hasan berkata

    Tambahan, lebih baik dalam forum ini dijadikan sarana silahturahmi diantara kita org’s Buton dan juga membahas tentang nasib masyarakat Buton yg ada di pelosok’s Buton maupun yg ada di perantauan. Bagaimana bila kita pikirkan untuk anak’sButon yg putus sekolah sehingga punya masa depan yg lebih baik. Bagaimana kalo kita bahas tentang keluarga yg dapat ciptakan sumber daya yg baik ditinjau dari sisi cerita kuno (ajaran leluhur) dimana nasib anak : mau pintar, mau sehat, mau umur panjang, mau cepat dapat pekerjaan, mau cepat dapat jodoh dll tergantung kepada kedua org tuanya karena semua itu adalah asal manusia. Semua manusia dapat berkulitas bergantung pada ibu bapaknya, ALLAH SWT hanya merestui karena dekikianlah ALLAH SWT, maha pejurah lagi maha penyayang, mintalah!! Maka kau akan diberi…

    WASSALAM.

  94. Nizar Assegaf berkata

    Assalamu’alaikum Wr…Wb…

    Salam kenal …
    Bpk. La Ode Al Muhammad yang baik…
    Saya mohon diinformasikan tentang keturunan ( anak-anak ) dari sultan yg ke 31 & 32 ( Sultan Muh Salihi & Sultan Muh Umar )…Saya sangat memerlukan informasi tersebut, semoga amal baik bapak di Ridhloi Allah S.W.T…
    Tolong di informasikan ke alamat E-Mail nizar.abc41@gmail.com
    Terima kasih.

    Wassalamu’alaikum Wr…Wb…

  95. darsam.pratama@yahoo.com berkata

    Assalamu’alaikum Wr…Wb…

    Saya sependapat dgn masukan abang/saudara idris hasan jika forum ini di jadikan sarana silahturahmi demi terciptanya kedamaian antara masyarakat di pulau buton maupun diluar pulau buton,…Amin,,…

    darsam,mia laporo di kalimantan…

  96. nama.kamaruddin berkata

    yg sya tau buton itu harum;yg artinya sifat dn kelakauan yg slalu baik,sopan,menghargai dn taat dlam hukum adat dn agama. marilah kita bangun untuk memajukan buton bersama2,jangn saling menjatuhkan antara ke dudukan ke agungn nama suku dibuton khususnya.yg keturunan atas jangan menghina yg bawah,yg bawah harus menghargai yg atas.karna kita sama-sama dari daerah yg sama yaitu buton dn kita harus bersukur atas di berikannya rahmat oleh alloh swt,mempertahnkan suku adat dan ke makmuran beragama.

  97. salim berkata

    assalamu alaikum…salam hormat.
    Kenapa sejarah boton banyak yg tdk jelas…sebagian hanya berdasarkan cerita…
    akan tetapi sangat kurang dgn bukti yg tertulis..
    apakah memang Kata orang tua bahwa Buton penuh dgn misteri…?

  98. Ahmady Poenya berkata

    Assalamu alaikum.. Wt. Wb.. saya orang buton wakatobi, ingin tau mengenai syair2 ajonga inda malusa secara lengkap.. oh ya ini emailku. ahmadi_1293@yahoo.co.id saya akan sangat berterimakasih kpd saudara yg dapat membantu..salam.

  99. awal sementara vakum berkata

    sastra lisan
    omia kenal gak pak?

  100. Nizar berkata

    السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
    Bapak La Ode Muhammad yg baik, salam kenal saya Nizar bertempat tinggal di Jakarta.
    Sebenarnya banyak yg saya mau tanya pada bapak, sekiranya boleh saya minta no HP bapak, terima kasih.
    وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

  101. La eric berkata

    Salam hangat dari depok utk pak La Ode… gaganya itu foto.. hehe

  102. zihu berkata

    salam kenal kenal buat orang buton semua

  103. Sariu berkata

    salam kenal, saya H. La Sariu skalian berpesan agar tetap semangat dan cintai asal usul dengan karya karya kreatif yang nyata dan tanpa pamri sehingga dengan demikian semoga kita akan tetap mampu menjejaki jalan berbukit dan berliku menuju kebesaran Buton yang masi penuh mistery untuk diinterpretasikan oleh kita sekarang.

  104. la ode arson berkata

    ada yang tw tidak mengapa di buton menggunakan logo nenas dan naga.. ini penjelasannya..
    Nenas adalah tanaman buah yang dapat hidup di segala tempat baik di tanah subur maupun tandus dengan aroma yang sangat harum dan mempunyai rasa yang cukup manis, serta mempunyai daun yang berduri – duri.
    Tanaman ini pada masa lalu banyak tumbuh di sekitar perkampungan Wolio (Kelurahan Melai Kota Bau – Bau) yang saat itu sebagai ibu kota Kesultanan Buton. Disamping sebagai tumbuhan peliharaan tetapi juga sebagai tanaman benteng pertahanan. Karena itu tumbuhan nenas mempunyai bagian – bagian yang mengandung makna, yaitu :
    1.Pada bagian atas mempunyai daun Mahkota menggambarkan payung dan dianggap sebagai Pimpinan yang senantiasa mengayomi rakyatnya;
    2.Pada bagian buah terdapat sisik yang sangat banyak sebagai rakyat umum dengan mendiami 72 Kadie (wilayah);
    3.Daun yang berduri adalah gambaran jiwa untuk mempertahankan diri dari segala gangguan keamanan dan ketertiban dari manapun datangnya;
    4.Buah yang manis adalah mencerminkan kebaikan dengan menempatkan prinsip kerendahan hati, sopan santun tutur kata dan tidak menyakiti orang lain;
    5.Pada bagian pangkal bawah buah nenas terdapat daun yang melebar adalah landasan berpijak seluruh masyarakat yaitu sara patanguna (empat prinsip hidup)

    Pomae maeka : Saling takut sesama manusia;
    Popia piara : Saling memelihara sesama manusia;
    Pomaa maasiaka : Saling menyayangi sesama manusia;
    Poangka angkataka : Saling menghargai sesama manusia;

    Oleh karena itu simbol ini adalah makna hubungan antar sesama manusia dengan mengedepankan prinsip keadilan, persatuan dan kesatuan, juga hubungan antara pemimpin dengan masyarakat yang dipimpinnya. sedangkan Naga sendiri lambang dari kekuatan, kegigihan, dan kejayaan. kalaw hbungannya dengan cina,karna raja pertama yaitu wakaka aslinya dari arab,tapi dia singgah dlu di china… kalau sya tidak salah.. untuk la ode Al-Muhammad sufi hisanudin.. klw da ksempatan kita bisa ngbrol2. ni no hp sy. 085696401742. dari la ode arson meriyadin ishak

  105. Nasri Dawo berkata

    Salam kenal untu semua masyarakat buton yang di buton atau perantuan…….saya nama nasri dawo kelahiran Wanci, Kecamatan Wanggi-wangi.

    Khusus untuk Pak Ramlan aisah no.70……salam kenal juga, saya adalah kelahiran wanci……..kalau boleh kontak-kontaklah via email biar kita lebih akrab, ini alamat email saya : nasridawo@yahoo.com

    Salam hormat untu semua

  106. la Mbata mbata berkata

    @ La Ode Arson,, anda sok tahu ttg sejarah buton

  107. la ode arson berkata

    ass… sawdara lambata..
    mang saya tidak tau apa2 tentang buton… n bukannya sy mw sok. apakh anda tau tentang buton?

  108. La Sariu berkata

    La Sariu di Adelaide Uni, Australia
    Kalau tidak keliru, blog ini di peruntukkan untuk kita orang buton dimanapun, sebagai ajang silaturrahim dan ruang sharing pendapat danatau memberikan masukan-masukkan positif demi menumbuhkan rasa solidaritas dan mengembalikan semangat untuk belajar yang sungguh-sungguh demi menggali kembali warisan nilai-nilai religius dari leluhur-leluhur kita terdahulu yang terbukti ampuh membesarkan dan menempatkan Buton sebagai daerah kesultanan yang diperhitungkan dizamannya. Tidak ingin jauh mencari penyebabnya, tapi yang bisa saya analisa secara kasak mata dan analisa permukaan secara dangkal, bahwa yang menjadi penyebab nilai-nilai itu telah beberapa dekade berlalu alpa dalam capaian kita adalah keengganan kita untuk memberikan apresiasi secara kolektif terhadap nilai-nilai yang ada sebagai warisan bersama yang perlu kita jaga keutuhannya secara kolektif pula sehingga akan menjadi perekat yang ampu untuk memulai upaya-upaya maju dan strategis untuk menghimpunnya kembali secara utuh agar dapat dijadikan sebagai rujukan ilmu yang akan menjadi himpunan ilmu yang berfungsi untuk memberikan perubahan signifikan terhadap tingkat pemahaman kita akan hakikat diri kita masing-masing sebagi gerbang dan anak tangga menuju kepada pengenalan terhadap Zat yang Maha Agung. Jadi, saling melecehkan antara sesama kita amat sangat tidak etis dan elegan diutarakan dalam ruang yang menjadi konsumen publik seperti ini. Ingat kita saling mengangkat dalam perspectif untuk kemajuan saja, belum tentu berhasil untuk mengembalikan nilai-nilai prestasi dan prestise kejayaan masa lalu, apapula saling melecehkan. Kalau merasa ada saudara kita yang kurang, sampaikan dengan santun dimana letak kekurangannya lalu tunjukan mana semestinya yang benar. Semoga manfaat!

  109. la Mbata mbata berkata

    Buat La Ode Arson: klu ko bisa jawab:
    1. kenapa benteng keraton wolio berbentuk huruf “Dal”?
    2. Kenapa di Keraton Wolio Ada 13 Pintu?
    3. Siapa yang mendirikan Masjid Agung keraton Wolio?
    4. kenapa harus ada kain putih saat sholat jumat di keraton wolio?
    5. Siapa Sapati pertama di tanah buton?
    6. kenapa ada Tiang Bendera (Kasuluna Tombi) di keraton? kenapa harus ada di sampingnya masjid?

    kalau ko bisa jawab semua: berarti ko lebih hebat dari saya.

  110. La Sariu berkata

    Assalamu alaikum saudaraku, La Ode Arson dan La Mbata Mbata berdua lebih dan kurangnya masing-masing insya Allah mesti punya cerita dan pengetahuan tentang keistimewaan ilmu yang ada di Buton. Saran saya saling berdamai dan saling memberi masukkan yang baik, sehingga apa yang kita pahami tentang ilmu buton dapat tercermin secara nyata dalam kehidupan sehari antara sesama saudara seasal usul, karena simbol atau tanda apapun yang dizahirkan adalah boleh jadi merupakan amsal (perumpamaan) yang merujuk kepada diri kita yang sebenarnya diri, sbgai khalifatul filardi yang masih banyak kekurangan karena hanya Zat Tuhan lah yang Maha Agung dan Maha Mengetahui atas segala sesuat dibandingkan dengan diri kita hambaNya.

  111. firdaus ali berkata

    saya firdaus ali, asli orang buton saya tinggal di samarinda. Buton saya cinta kamu karena Allah taala
    I love sulawesi tenggara

  112. Nasri Dawo berkata

    Saran saya untuk sdr La Mbata mbata dan sdr La Ode Arson………berdebat itu sangat diperbolehkan untuk memperoleh kebenaran yang hakiki………tapi ingatlah jangan sampai keluar kata-kata….saya atau kamu yang paling hebat….karena yang paling hebat hanyalah Allah SWT.
    Ayo silahkan berdebat demi kemakmuran rakyat Buton.

    Viva Buton

  113. la ode arson berkata

    maaf saudara.. sy tidak bisa menjelaskan dalam bolog ni.. nanti klw ada kesempatan temui ja sy di lamangga.. klw kita ada di bau bau.. ok

  114. la ode arson berkata

    untuk sawdaraq la mabata mbata..
    pintu yang ada di dlam benteng keraton bukan 13 tapi 12 saja.. dan yang mendirikan mesjid agung keraton adlah la sangaji atau raja bataraguru.. ok

  115. La Mbata-Mbata berkata

    @La Ode Arson: Pintu di keraton 13 bung,, hahhaha klu org yang tidak tahu mrk sebut 12 krn ada satu pintu yang dirahasiakan.. yang mendirikan masjid bukan La sangaji dan bukan raja Bataraguru… anda salah bung.. berarti anda tidak tahu apa2

  116. laodearson berkata

    jadi km taw apa arti dari 13 pintu itu? dan yang sebenarnya adalah 12 pintu,karna 12 pintu melabangkan lubang yang ada di tubuh manusia….

  117. La Mbata-Mbata berkata

    @ La Ode Arson: sebutkan lubang2 tersebut? yang ko tahu pasti cuma ada 9, krn ko tdk tahu apa2 sbnrnya.

  118. xzxxxx berkata

    kadaki

  119. samsir la nongko berkata

    salam kenal ……….
    saya samsir lanongko,
    saya tinggal di ambon ….
    saya cuman mau kpngen tan’x az,
    la.ode muna tuh ……
    sebenar’x asli beliau dari mna …..
    kok kbnyakan orang” asli ambon bisa taw banyak tentang belia.??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: