Orang Buton Punya

Komentar Para Pembaca Akan Sangat Membantu Dalam Memperkaya Khasanah Blog Ini

JALUR PERDAGANGAN NUSANTARA DI SULAWESI TENGGARA TEMPO DOELOE

Posted by orangbuton pada 21 November 2011

Keterangan mengenai posisi kesultanan Buton dalam Jalur Perdagangan di nusantara terdapat dalam laporan Tome Pires (1512-1515).  Menurut Pires perjalanan yang lebih singkat bagi orang Portugis ke Maluku tidak melalui pantai Jawa,melainkan melalui Singapura ke Borneo, ke Pulau Butun (Buton) lalu ke Maluku.  Jalur ke kepualauan Maluku itu dikenal sebagai jalur yang paling baik dan cocok (Cortesao,1944:220).

Sebelum kedatangan VOC memang ada tiga jalur perdagangan dan pelayaran rempah-rempah di sulawesi tenggara.  Ketiga jalur itu adalah :

  1. Jalur Makassar- (selat) Tiworo Wawonii-Bungku (Tombuku)-Banggai-Ternate; dengan kemungkinan singgah diselayar, sinjai, Kabaena, poleang/Rumbia,Tinanggea, Moramo, Kendari.
  2. Jalur Makassar-Baubau-Lohia (Muna)-Wawonii- seterusnya Bungku-Banggai Ternate.
  3. Jalur Makassar-Baubau-Wakatobi-Buru-Ambon-Banda. (Burhanuddin :1978)

Dalam deskripsi Schrieke (1955:119-20) menyebutkan dalam pelayaran nusantara merupakan salah satu mata rantai dan pelayaran dan perdagangan yang terkait dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara hingga maluku dan Pilipina.  Dari sini sebenarnya peran pelabuhan Baubau adalah penghubung antara wilayah barat dengan wilayah timur Indonesia. (La Malihu : 1998)

Sumber :

–          Cortesao, Armando.1944. The Suma Oriental of Tome Pires. Hakluyt Society,2nd series LXXXIX. Vol. I. London.

–          Burhanuddin, B. et.al. 1977/1978.Sejarah Kebangkitan Nasional Di Sulawesi Tenggara. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.

–          La Malihu, Buton dan Tradisi Maritim; Kajian Sejarah Tentang Pelayaran TradisionalDi Buton Timur. 1998. Universitas indonesia.

3 Tanggapan to “JALUR PERDAGANGAN NUSANTARA DI SULAWESI TENGGARA TEMPO DOELOE”

  1. burhanudin buamona said

    salam..ku..aq ingin hal2 sejarah t2 bisa di jdikn buku,biar jdi sumber referensi utk tman2 yg lain..krn aq adalah anak Ternate tpi lahir di kepulauan sula..yg pingin px buku di maksud,tpi gman crax.. Thx.

  2. Alimani said

    sepakat klo segala bentuk dan artikel sejarah, tentang buton, harus ditata dengan baik untuk valitnya sebuah sejarah bagi bangsa dan negara, terutama bagi kaumnya.

  3. jalur pada zaman VOC dulu ya gan,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: